Home / ---- / Jalan Lintas Solok-Muara Labuh Longsor, Diduga Akibat Aktifitas Tambang Galian C

Jalan Lintas Solok-Muara Labuh Longsor, Diduga Akibat Aktifitas Tambang Galian C

AROSUKA (LN)—Jalan lintas Solok-Muara Labuh di ¬†jorong Data Nagari Aie Dingin Kecamatan Lembah Gumanti Kab. Solok kembali tertutup longsor, Sabtu (30/6).

Longsoran tanah setinggi 2 meter tersebut membuat akses jalan utama menuju Solok Selatan tersebut terputus total selama beberapa jam.

Dari informasi dilapangan, peristiwa tersebut terjadi sekira pukul 12.30 WIB. Meski tak ada korban jiwa baik dari pengemudi yang melintas maupun masyarakat setempat. Namun, akibat kejadian ini membuat macet dari dua arah selama lebih dari 3 jam.

Kapolsek Lembah Gumanti Iptu Amin Nurrasid SH yang mendapat informasi itu langsung turun ke lokasi kejadian dan menghubungi alat berat milik Dinas Prasjal Tarkim Provinsi Sumbar untuk memindahkan material longsor yang menutupi badan jalan.

“Alat berat sampai di lokasi sekira pukul 13.15 Wib dan langsung memindahkan material longsor dari lokasi. Saat ini jalan sudah bisa di lewati kembali,” kata Amin Nurrasid.

Sementara itu, dari informasi yang didapat dari masyarakat, diduga bencana lonsor tersebut disebabkan oleh aktifitas tambang galian C yang beroperasi di lokasi itu.

“Kami menduga longsor ini akibat tambang pasir galian C yang berada di bukit di samping jalan itu. Kita harap ini menjadi perhatian pemerintah, sebelum bencana longsor ini memakan korban jiwa,” kata Hendri (45) warga setempat.

Dan pada 17.30.WIB, arus lalu lintas sudah bisa dilalui oleh kendaraan dari dua arah. Namun, dihimbau pengendara tetap berhati-hati.

#h/ndi

Check Also

Mengungkit, Kasus Penyimpangan di RSUD Dr. Rasyidin Padang

Padang (LN)—Kasus penyimpangan yang terjadi di RSUD Dr. Rasyidin Kota Padang pada tahun 2015-2016 lalu, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *