Home / ---- / Jamin Ketersediaan Air untuk 13.604 Ha Sawah, Jaringan Irigasi Batang Anai Diperbaiki

Jamin Ketersediaan Air untuk 13.604 Ha Sawah, Jaringan Irigasi Batang Anai Diperbaiki

BATANG ANAI (LN)—Meningkatkan kebutuhan produksi hasil pertanian tanaman pangan terutama beras, menjadi target utama pemerintah.

Untuk mencapai hal itu, tentunya dibutuhkan ketersediaan air yang cukup. Supaya kebutuhan air dapat terpenuhi maka pemerintah pusat bersama pemerintah daerah mempertahankan fungsi jaringan irigasi yang telah dibangun dengan melakukan rehabilitasi, operasi ataupun pemeliharaan secara konsisten dan berkesinambungan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) provinsi Sumbar, melalui Kepala bidang Irigasi, Syafril Daus saat ditemui media ini beberapa hari lalu.

Dijelaskannya, Sesuai amanat UU No.11 tahun 1974 tentang pengairan, Permenpu No.14 tahun 2015 tentang kreteria daerah irigasi, dengan ketentuan luas area >3.000 Ha menjadi kewenangan pemerintah pusat.

Selain itu, Permenpu No.14 tahun 2017 tentang pedoman pelaksanaan kegiatan pemerintah yang dilaksanakan melalui dekonsentrasi dan tugas pembantuan maka daerah irigasi kewenangan pusat yang berada di provinsi Sumbar melalui SKPD TPOP Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) provinsi Sumbar, terangnya.

Irigasi Batang Anai Kanagarian Pasir Laweh  kec. Lubuk Alung merupakan salah satu irigasi yang dikelola SKPD TPOP PSDA Sumbar.

Irigasi ini melayani 13.604 Ha sawah yang tersebar pada 5 kecamatan di kab. Padang Pariaman ditambah satu kecamatan kota Pariaman.

Pada tahun ini, Irigasi Batang Anai dilakukan pemeliharaan berkala, yang dikerjakan CV. USAHA BAKTI MANDIRI.

Kegiatan tersebut didanai APBN TA.2018 menelan anggaran sebesar Rp562 juta.

Lebih jauh Syafril Daus menjelaskan, “Ada beberapa item pekerjaan yang akan dilakukan, diantaranya perbaikan saluran irigasi yang rusak, perbaikan bangunan, galian sedimen dan galian sedimen saluran pembuang”.

Dengan terselesaikannya pekerjaan ini, tentunya akan bermanfaat bagi masyarakat petani sehingga target ketahanan pangan dapat tercapai, harapnya.

#Fh

Check Also

Dandim 0312/Padang Lepas Keberangkatan Pawai HUT Kemerdekaan RI Ke-73 SD Kartika I-II Padang

Dandim 0312/Padang Lepas Keberangkatan Pawai HUT Kemerdekaan Ke-73 Tahun 2018  SD Kartika I-II Padang Padang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *