Home / ---- / Jembatan Beringin Hanyut, Diduga Akibat Kelalaian

Jembatan Beringin Hanyut, Diduga Akibat Kelalaian

Padang (LN)–Jembatan Baringin Kec. Lubuk kilangan yang putus dan hanyut akibat banjir, Jumat (2 Nov 2018), diduga akibat pelaksanaan pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis sebagaimana ditetapkan.

Hal itu terungkap, ketika tim media melakukan kunjungan ke lokasi pekerjaan beberapa hari lalu sebelum kejadian jembatan hanyut.

Yang mana, kontraktor pelaksana pembangunan jembatan paket.1, PT. Satria Lestari Multi (SLM), kedapatan melakukan pekerjaan pengecoran didalam air sehingga berdampak terhadap kualitas mutu beton yang ada.

Selain itu, material (batu) yang digunakan diambil dari lokasi setempat tanpa ada izin galian. C. Perbuatan itu jelas melanggar Perda Nomor 23 Tahun 2012 dan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Energi Sumber Daya Mineral.

Menyingkap kejadian itu, Ketua LSM Garuda Nusantara Bj Rahmat meminta agar dinas PUPR Padang dapat menjelaskan secara transparan kepada publik terkait kejadian tersebut dalam jangka waktu  14 hari setelah kejadian.

Apakah hanyutnya jembatan Beringin itu disebabkan oleh bencana alam (kahar) atau sebuah kelalaian.

Dinas PUPR Padang harus melakukan kajian mendalam sebelum menetapkannya.

Dan sebagai perbandingan, disebelah jembatan yang baru dibangun ada jembatan yang sudah tua, namun jembatan itu tetap kokoh berdiri, tidak runtuh ataupun hanyut terkena air.

Seharusnya, jembatan lama yang hanyut ataupun runtuh, bukan jembatan baru. Namun yang terjadi malah sebaliknya.

Kejadian itu jelas menimbulkan pertanyaan dan kecurigaan.

Apakah PT. SLM sudah bekerja dengan benar sesuai petunjuk teknis serta spek yang ada.

Untuk itu, diminta Dinas PUPR Padang bekerja secara profesional sesuai aturan berlaku, tidak melakukan rekayasa dengan cara kotor seperti titip volume, ingatnya.

Hingga berita ini diturunkan media ini masih berupaya melakukan konfirmasi pada Dinas PUPR kota Padang, PPTK pembangunan jembatan paket.1, Idwar melalui telpon selular nomor  082174503xxx namun tidak ada jawaban.

Tunggu berita selanjutnya.

Check Also

Dandim 0312/Padang Tanam pohon di Pesantren Modern Terpadu Prof. Dr. Hamka By pass Padang.

Padang (LN)–Kodim 0312/Padang. Menanam pohon itu mudah, yang sulit adalah bagaimana kita menjaga dan merawatnya. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *