Home / ---- / Job Fair 2017 Melibatkan 42 Perusahaan, Optimalisasi Kesempatan Kerja Upaya Mengurangi Angka Pengangguran

Job Fair 2017 Melibatkan 42 Perusahaan, Optimalisasi Kesempatan Kerja Upaya Mengurangi Angka Pengangguran

PADANG (LN)–Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Padang, memfasilitasi para pencari kerja mendapatkan peluang kerja melalui Padang Job Fair 2017.

Job Fair ini dibuka langsung oleh Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah bertempat di G-Sport Center Gunung Pangilun, Kamis (16/11).

Walikota Padang, Mahyeldi Dt Marajo pada acara pembukaan pameran mengatakan, “Optimalisasi kesempatan kerja bagi pemuda-pemudi yang merupakan usia produktif adalah upaya pengurangan angka pengangguran.¬†Upaya ini seiring pula dengan optimalisasi di sektor pendidikan dan sektor kesehatan.

“Dengan optimalisasi sektor ketenagakerjaan, pendidikan dan kesehatan berkaitan pula dengan optimalisasi ‘bonus demografi’,” ucap Mahyeldi.

Bonus demografi adalah mayoritas penduduk merupakan usia produktif. Satu-satunya yang diprediksi memiliki bonus demografi menjelang 15-20 tahun ke depan adalah Indonesia.

Mahyeldi menjelaskan, Kota Padang sendiri berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), dari jumlah penduduk 914.968 jiwa, usia produktif mencapai 642.673 jiwa, yaitu usia 15 tahun ke atas dan di bawah usia 64 tahun.

“Dengan menyediakan kesempatan kerja yang luas usia produktif tersebut dipastikan memiliki pekerjaan yang layak dengan penghasilan yang mampu menunjang kebutuhan hidup keluarganya,” ujarnya.

Sambungnya, tersedianya kesempatan kerja bagi generasi produktif diyakini menjadi lompatan besar pertumbuhan ekonomi. Sebaliknya bila Pemko Padang tidak mengupayakan, maka terjadilah pengangguran yang tinggi sehingga ‘bonus demografi’ tidak berarti.

“Untuk itulah, upaya memberikan kesempatan kerja harus dilakukan seperti job fair hari ini salah satunya,” tukas Mahyeldi.

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Padang, Zabendri mengatakan, pameran kesempatan kerja ini akan berlangsung selama 2 hari, 15-16 November 2017.

“Ada ratusan kesempatan kerja yang disediakan 42 perusahaan. Bisa mendaftar langsung dan online,” kata Zabendri.

Adapun perusahaan yang berpartisipasi bergerak di bidang yang bervariasi. Ada perusahaan besar di bidang teknik, finansial dan perbankan.

#red/jon/vn

Check Also

Pemko Padang Lounching Lelang Dini, Percepat Transaksi Ekonomi

PADANG (LN)–Penyelenggaraan kegiatan di Pemko Padang untuk tahun 2018 kini dipercepat. Karena dipenghujung tahun 2017, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *