Home / ---- / Kabag Pertanahan Pemko Padang Bantah Beli Tanah Perkara

Kabag Pertanahan Pemko Padang Bantah Beli Tanah Perkara

PADANG (LN)—Pemerintah Kota Padang Bagian Pertanahan, membantah pernyataan Anggota Komisi I DPRD Kota Padang yang mengatakan, Pemko Padang langgar hukum, karena sudah melakukan pembelian tanah perkara di lokasi Jalan Tan Malaka.

Sebelumnya Senin (14/3), Komisi I DPRD Kota Padang, Osman Ayub mengatakan, adanya dugaan pembelian tanah yang masih dalam perkara, karena Pemko masih tetap melakukan transaksi pembelian senilai Rp31,7 miliar untuk mendapatkan tanah tersebut. Dan itu dinilainya, Pemko Padang telah melanggar hukum.

Sementara dilain pihak, Kepala Bagian Pertanahan, Amasrul membantah, dan mengatakan proses  pembelian lahan untuk Kantor Satpol PP di jalan Tan Malaka telah melalui prosedur.

Dikatakannya, “Bahkan saat akan membeli tanah tersebut, Pemko Padang sudah meminta pendapat Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Badan Pertanahan Nasional (BPN).

“Tanah tersebut dibeli sesuai dengan prosedur. Sebelumnya kita telah melakukan pengecekan dulu dan juga menyurati BPN, apakah tanah tersebut bermasalah. setelah mendapat kepastian dari status tanah tersebut maka kita langsung melakukan proses selanjutnya,” ujarnya.

Di dalam prosedur terhadap pembelian tanah ini, juga mengacu kepada Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum.

Tanah seluas ± Satu Hektar persegi ini, dibayarkan senilai Rp 31,7 miliar. Tanah tersebut bersertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) Nomor 53, Nomor 63 dan Nomor 64.

Amasrul menyatakan, sebelumnya tanah tersebut diusulkan Satpol PP untuk pembangunan kantonya pada bulan Mei 2015. Hal ini kemudian mendapat respon Walikota Padang. “Pembelian tanah ini sudah mendapat persetujuan dari Walikota,” katanya.

Sementara pada selasa (14/3) saat di konfirmasi ulang dengan adanya panggilan tersebut, Osman ayub mengatakan, akan melakukan rapat internal bersama dengan anggota dari komisi I DPRD Padang, setelah itu pemanggilan akan di lakukan, katanya. (Aad)

Check Also

Wawako Padang Sampaikan Nota Penjelasan 3 Ranperda

Padang (LN)–Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa menyampaikan Nota Penjelasan Wali Kota Padang tentang penyampaian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *