Home / ---- / Kabupaten Agam Peringati Hari Amal Bakti Kamenag Ke 72

Kabupaten Agam Peringati Hari Amal Bakti Kamenag Ke 72

Agam (PN)-Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia ke -72, dengan tema “Tebarkan Kedamaian.” Peringatan HAB ditandai dengan upacara di halaman Kantor Bupati Agam. Rabu (03/01).

Pada kesempatan itu, Bupati Agam H. Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah bertindak sebagai Inspektur upacara. Bupati Agam membacakan sambutan Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin. Ia mengatakan, Kementerian Agama hadir untuk mengatur, membimbing, melayani, serta melindungi semua pemeluk agama di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Agama menyertai denyut nadi kebangsaan kita, karena lembaga ini bertugas sebagai mengawal dasar negara yaitu pancasila yang di dalamnya mengandung nilai agama dan mencerminkan jatidiri bangsa Indonesia,” tuturnya.

Di samping itu, melihat amat pentingnya tugas itu, maka pada setiap diri aparatur Kementerian Agama melekat beberapa misi yang saling terkait. Misi itu antara lain, mengayomi bangsa dengan bimbingan kehidupan beragama yang berkualitas, meleparkan akses pendidikan agama dan agama yang bermutu, memberikan pelayanan keagamaan sesuai kebutuhan serta menjaga kerukukan hidup antar umat beragama.

“Pada masa kekinian, tugas itu semakin berat, tuntutan publik terhadap kita semakin tinggi, terbuka, dan spontan. Diperlukan sikap yang tepat dan cerdas dalam merespon tuntutan masyarakat terhadap Kementerikan Agama,” katanya lagi

Saat ini, kita tidak boleh lagi bekerja dengan kacamata kuda yang minim kepedulian terhadap sekitar. Dengarkanlah aspirasi dari berbagai arah agar kita dapat mencapai target kinerja sekaligus memenuhi harapan publik.

Untuk itu, pihaknya berharap tahun ini semua layanan di pusat dan daerah sudah dilakukan secara digital dan terintegrasi dalam Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) sebagai implementasi e-Goverment.

“Kita patut bersyukur, berbagai upaya perbaikan telah membuahkan hasil. Mengiringi usianya yang ke 72 Kementerian Agama sukses menoreh sejumlah prestasi seperti, WTP, indeks kepuasan jemaah haji terus meningkat dan indeks kerukunan beragama dalam angka positif,” katanya.

Selain itu, tak kalah penting, Kementerian Agama dinilai sebagai penyumbang PNBP terbesar, pelapor LHKPN terbanyak, serta beberapa penghargaan lainnya dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ini menunjukan bahwa Kemenag telah mampu bertranspormasi melalui sistem yang baik.

“Jadi lima nilai budaya kerja tak boleh sekadar jadi slogan, tapi harus terus terinternalisasi dalam setiap pelaksanaan tugas dimasing-masing satuan kerja, yang prinsipnya bersih dan melayani harus senantiasa dijunjung tinggi,” katanya lagi mengakhiri.

Kegiatan yang berjalan khitmat ini dihadiri Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, Forkopimda Agam, Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Kepala OPD Agam, kepala bagian dan jajaran di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Agam. (IF/AMC)

Check Also

Kasdim 0312/Padang Pimpin Rapat Persiapan HUT RI Ke-73, Siapkan Penggelaran Festival Merah Putih

Padang (LN)–Festival Merah Putih, Merahputihku Satukan kebhinnekaan di Kota Padang 2018 pada acara kegiatan rapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *