Home / ---- / Kasatker Perhubungan Darat Sumbar, Efrimon : Anggaran Terbatas, Faskes Jalan Padang-Bukittinggi Tunggu TA.2017

Kasatker Perhubungan Darat Sumbar, Efrimon : Anggaran Terbatas, Faskes Jalan Padang-Bukittinggi Tunggu TA.2017

PADANG (LN)—Fasilitas keselamatan (Faskes) jalan raya sebagai salah satu faktor penting untuk menghindari, melindungi dan menjamin pengguna jalan (pengendara kendaraan) terhindar dari kecelakaan yang tidak diinginkan.

Untuk faskes jalan nasional wilayah Sumbar kini tengah dalam proses pengerjaan,  seperti marka, mata kucing, gadril, cefron, pek motor dan lainnya.

Hal ini disampaikan Kasatker Perhubungan Darat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Efrimon S.SiT, kepada Media Laksus News diruang kerjanya kemaren.

Dikatakan, Afrimon, “Pemasangan marka jalan mata kucing untuk jalan nasional memiliki standar ketentuan yang ada. Untuk jarak pemasangan rambu mata kucing 5 meter, sedangkan di jalan yang ada tikungannya berjarak 4 meter.

Bukan itu saja, untuk mengantisipasi terjadi hal yang tidak di inginkan, maka setiap marka terlebih dahulu harus diuji secara keseluruhan untuk mengetahui apakah barang tersebut sudah sesuai dengan spek yang ditetapkan yakni memiliki ketebalan 3 mili, terangnya.

Dari 12 ruas jalan nasional Sumbar, hanya jalan di wilayah kabupaten Solok selatan yang belum menggunakan rambu mata kucing. Padahal hal itu sudah diusulkan untuk dimasukan dalam anggaran tahun 2016, namun karena keterbatasan anggaran sehingga belum dapat terealisasikan secara keseluruhan.

Karena untuk anggaran faskes di 12 ruas jalan nasional Sumbar hanya senilai Rp19 milyar,  sehingga harus mengacu pada skala prioritas. Untuk tahun ini yg menjadi skala prioritas yakni : Padang – Painan, Painan – Kiambang, Manggopoh – Padang sawah, Padang sawah – simpang empat, Perbatasan Riau – Payakumbuh, Solok – Sawahlunto, Kiliran jao – Batas Jambi, Dharmasraya – Sungai Dareh, Kubu Karambia – Tanah datar, Solok Selatan – Simp. Aro Surian, Lb. Sikaping- Panti Ranjau batu dan  Panti ranjau batu – Panti Lb. Sikaping

Dan untuk sementara, jalan Padang – Bukittinggi (Malibo Anai) tidak masuk dalam pada kegiatan tahun 2016i ni, tapi sudah diusulkan untuk tahun 2017, sampai Afrimon.  (fit)

Check Also

Salah Seorang Terduga Teroris Pembakaran Mako Polres Dharmasraya Merupakan Anak Polisi Polres Muaro Bungo

Dharmasraya—Salah seorang terduga teroris, pembakaran Mako Polres Dharmaaraya yang tewas ditembak Eka Fitra Akbar merupakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *