Home / BERITA TERBARU / Kemenkumham Sumbar Adakan Luhkumtak di Empat Sekolah

Kemenkumham Sumbar Adakan Luhkumtak di Empat Sekolah

prov sumbar

Sumbar,LN – Kementerian Hukum dan HAM RI Kantor Wilayah Sumatera Barat, mengadakan penyuluhan hukum serentak (Luhkumtak) 2016 di empat sekolah tingkat menengah atas Kota Padang, pada Kamis (28/1) mulai pukul 09.00 WIB.
“Kegiatan Luhkumtak ini untuk mewujudkan kemanfaatan hukum yang berkepastian dan menciptakan masyarakat cerdas hukum,” kata Kepala Kementerian Hukum dan HAM RI Kanwil Sumbar, Ansaruddin saat membuka kegiatan Luhkumtak di SMA N 1 Padang, Kamis.

Khusus Kota Padang, Luhkumtak dilaksanakan di empat sekolah yakni SMA N 1 Padang, SMA N 14 Padang, SMA Pertiwi 1 dan SMK N 5. Sedangkan untuk wilayah Sumbar secara umum, Luhkumtak diadakan di 37 titik termasuk SMA, lapas, rutan, cabrut serta imigrasi.

Menurutnya, kegiatan Luhkumtak tersebut ditujukan pada siswa-siswi SLTA dan kelompok masyarakat di 33 provinsi Indonesia yang dilaksanakan secara serentak termasuk terdapat pembukaan oleh Presiden RI di Istana Kepresidenan Jakarta Pusat pada hari yang sama.

“Kegiatan ini sangat penting dalam upaya menjadikan masyarakat cerdas hukum, khususnya dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA),” katanya.

Ia mengatakan MEA yang berlaku sejak 31 Desember 2015 menuntut setiap komponen bangsa berbenah diri memasuki perdagangan bebas di negara-negara ASEAN dan jika masyarakat termasuk pelajar SMA sebagai generasi muda dapat memandang hal ini positif, tentu mereka dapat ikut berkompetensi dengan negara lainnya.

Menurutnya, tiap individu harus memahami aspek hukum dan era MEA sera menumbuhkan kesadaran hukum sehingga mereka paham cara memisahkan antara hak dan kewajiban, menjadi masyarakat cerdas hukum yang pada akhirnya menciptakan masyarakat berbudaya hukum dan diterima di negara manapun.

“Ini kita sampaikan di seluruh SMA, karena para pelajarnya ialah calon pemimpin bangsa, pengusaha dan calon ahli-ahli kedepannya,” ujarnya.

Selain kegiatan Luhkumtak untuk menciptakan relawan cerdas hukum, Kementerian Hukum dan HAM RI Kanwil Sumbar juga akan membuat pos cerdas hukum di tiap sekolah Sumbar dan mengadakan bimbingan secara berkala bekerja sama dengan kejaksaan dan kepolisian setempat.

“Pelajar akan diarahkan untuk tidak melihat hukum dari sisi pidana saja, melainkan sisi sosial agar seseorang tidak melanggar hukum,” ujarnya.

Ia menyampaikan setiap individu harus memperkuat kompetensi agat dapat berprestasi setidaknya di negeri sendiri.

Salah seorang guru bimbingan konseling SMA N 1 Padang, Serni Elita mendukung kegiatan Luhkumtak karena kegiatan tersebut memberikan banyak pengetahuan baru bagi warga sekolah termasuk para pelajar.

Ia menyampaikan Luhkumtak diharapkan benar-benar mampu menumbuhkan kesadaran para pelajar sebagai relawan cerdas hukum dan patuh pada hukum dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam berlalu lintas dan membedakan antara hak dan kewajiban.

“Selama ini, pada umumnya mereka telah sadar hukum, namun sebagai anak muda mereka masih sering lupa sehingga harus selalu diingatkan,” tutupnya.

Berdasarkan pantauan Antara di SMA N 1 Padang, terdapat berbagai kegiatan dalam Luhkumtak di antaranya pembacaan ikrar sebagai relawan cerdas hukum hingga ajang selfie dan diunggah ke media sosial dengan hastag cerdas hukum sebagai bukti pelajar Padang ikut serta dalam Luhkumtak. (*/antarasumbar)

Check Also

Jalin Tali Kasih, IKW RI Kerjasama Humas Polda Sumbar Salurkan Bantuan Sembako

Padang (LN)– Ikatan Keluarga Wartawan (IKW-RI) Sumbar Bekerja sama dengan Humas Polda Sumbar dan Humas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *