Home / ---- / Ketua Umum Forum Ulama BPI KPNPA RI, Tubagus : Politik “Black campaign” Sebarkan Isu SARA dan HOAX harus Ditindak Tegas.

Ketua Umum Forum Ulama BPI KPNPA RI, Tubagus : Politik “Black campaign” Sebarkan Isu SARA dan HOAX harus Ditindak Tegas.

Jambi (LN)–Suhu politik di tahun 2018 ini semakin memanas, terutama daerah yang menyelenggarakan pilkada, seperti di Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, Lampung, Bali, Maluku, Kalimantan dan beberapa daerah lainnya.

Gesekan-gesekan yang berisukan Suku, Agama, Ras dan antar golongan (SARA) maupun berita burung, terutama di ranah media sosial, seperti penyebaran informasi Hoax dan Hate Speech yang bermuatan SARA pada beberapa Pemilu, biasanya digunakan sebagai alat untuk memenangkan kompetisi politik dengan tujuan penyebaran Hoax dan Hate Speech untuk men downgrade (menjatuhkan) sosok paslon dan partai pengusung serta partai pendukungnya.

Untuk mengantisipasi hal itu, perlu adanya pengawasan yang intens dan bila perlu sikap tegas dari para Penegak Hukum terhadap unsur maupun kelompok tertentu yang sengaja akan membuat gaduh dan keresahan di masyarakat.

Demikian disampaikan Tubagus Rahmad Sukendar, selaku Ketua Umum Forum Ulama BPI KPNPA RI, kepada wartawan usai melakukan Istighosah di Jambi, Sabtu (24/3)

Peran serta ulama dan pondok pesantren dalam menciptakan Kamtibmas yang kondusif dalam menangkal Hoax dan Hate Speech (ucapan kebencian), itu juga dipandang perlu, ujar Ketum BPI ini.

Atas tertibnya acara Istighosah dimaksud, Rahmad yang pada kesempatan itu juga mewakili Forum Ulama BPI KPNPA RI mengucapkan terimakasihnya yang tak terhingga kepada Wakil Kepala Badan Intelijen Keamanan Polri, Irjen Pol Drs Lucky Hermawan dan Kapolda Jambi, Brigjen Pol Drs Muchkis As, MH beserta jajaran yang telah berkenan membantu secara penuh kepada Forum Ulama BPI KPNPA RI sehingga acara Istighosah yang digagas bersama Polri dapat disambut dengan baik oleh seluruh jajaran Polri di wilayah maupun dari warga masyarakat serta Forkompinda.

Rahmad menjelaskan, bahwa tujuan dari Istighosah yang diselengagarakan di Masjid Raya Alfalah adalah untuk memberikan rasa aman dan damai kepada bangsa dan negara ini, sekaligus memberikan pencerahan terhadap umat.

Acara Istighosah yang digagas Forum Ulama BPI KPNPA RI bersama Kepolisian Daerah Jambi tersebut, menghadirkan Ustad Arifin Ilham dan dihadiri Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia di Masjid Raya Alfalah, yang dikomandoi Ketua Forum Ulama BPI KPNPA RI, Buya Margutin Al Manshuri, dengan mengerahkan 1000 santri dibantu juga dengan Jamaah dari Para Anggota Polri se Polda Jambi dan jajaran anggota Korem 083 Garuda Putih Jambi, yang telah memutihkan acara Zikir dan Istighosah yang sudah berlangsung khidmat.

Rahmad menuturkan, bahwa rencana acara serupa juga akan dilaksanakan oleh Forum Ulama BPI KPNPA RI di beberapa Provinsi, antara lain : Provinsi Banten, Jawa Timur, Jawa tengah dan DKI Jakarta dengan harapan situasi yang mulai agak panas ditahun Politik ini dapat berangsur-angsur dingin, sehingga selaku elemen masyarakat dapat turut serta menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif menuju NKRI yang damai dan aman, pungkas Rahmad.

(Red/Jv)

Check Also

Pjs. Wako Padang Bersama Kapolda Sumbar Komit Tingkatkan Sinergitas dan Netralitas Pilkada Serentak

Padang (LN)–Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Padang, Drs. Alwis mengikuti Upacara Gabungan antara TNI, Polri dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *