Home / ---- / Kilas Balik TA.2020, BPBD Sumbar Laksanakan Penanggulangan Bencana Secara Terpadu

Kilas Balik TA.2020, BPBD Sumbar Laksanakan Penanggulangan Bencana Secara Terpadu

Padang -(LN)– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) merupakan ujung tombak dalam penanggulangan bencana di provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Penanggulangan bencana dengan melakukan pencegahan bencana, penanganan darurat, rehabilitasi serta rekonstruksi.

Dalam menjalankan tugas dan fungsi (tupoksi), BPBD Sumbar berkoordinasi serta bersinergi dengan Pemerintah daerah kabupaten/kota, secara terpadu agar penangulangan bencana bisa berjalan cepat, tepat, efektif dan efisien.

Komitmen penanggulangan bencana bersama itu, ditandatangani oleh Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Sumbar Erman Rahman diikuti oleh daerah Kabupaten/Kota se-Sumbar, disaksikan Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, pada Rabu, 26 Februari 2020 lalu, di Padang.

Dan selama tahun 2020, BPBD Sumbar telah melaksanakan penanggulangan bencana sebagaimana yang diamanatkan UU dan Perpres.

Namun, di tahun 2020 berbeda dengan tahun tahun sebelumnya karena Kondisi pandemi covid 19.

BPBD Sumbar terfokus pada percepatan penanganan covid 19, karena BPBD Sumbar ditunjuk sebagai sekretariat gugus tugas provinsi Sumatera Barat.

Dalam upaya penanganan covid 19, BPBD Sumbar melibatkan seluruh bidang yang ada, termasuk bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi (RR).

Sebagai Sekretariat gugus tugas penanganan covid 19, BPBD Sumbar terus memberikan himbauan atau mensosialisasi protokol kesehatan (Prokes) kepada masyarakat agar menggunakan masker, jaga jarak, jangan berkerumun dan selalu mencuci tangan.

Kemudian, menyiagakan dukungan logistik untuk kebutuhan tenaga medis seperti masker, disinfektan, hand sanitizer dan lainnya.

Selain penangan covid 19, BPBD Sumbar juga melaksanakan serangkaian kegiatan lainnya

Meninjau secara langsung pelaksanaan kegiatan hibah (monev) pekerjaan Rehab Rekon pasca bencana di Sumatera Barat yang terletak menyebar di kab/kota di Sumbar.

 

#fit

Check Also

Cek Kesiapan Satgas, Waasops Kasad Kunjungi Yonif 131/Brs

Payakumbuh-laksusnews.com-Wakil Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Darat (Waasops Kasad), Brigjen TNI Supriono melakukan Riksiapops (Pemeriksaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *