Home / ---- / KM Bintang Mandeh, Solusi Padatnya Transportasi Darat

KM Bintang Mandeh, Solusi Padatnya Transportasi Darat

PADANG (LN) – Kehadiran KM Bintang Mandeh menjadi solusi padatnya jalur darat. Lewat kapal tersebut, mengurangi kemacetan di jalan raya.

“Padatnya transportasi darat menbuat kita harus mulai memanfaatkan laut,” kata Sekdaprov Ali Asmar saat meresmikan pemakaian KM Bintang Mandeh di cafe Karambia, Muaro, Sabtu (26/3).

KM. Bintang Mandeh merupakan kapal berkapasitas 50 orang. Kapal ini melayani rute Muaro Padang menuju Mandeh, Pesisir Selatan.
“Kalau kita wujudkan transportasi laut, maka masyarakat akan berpikir untuk memanfaatkan laut,” tambah Ali Asmar.

Dikatakannya, saat ini jalur darat memang begitu padat. Padang – Bukittinggi selalu macet di waktu libur. Begitu juga ke daerah lain. “Kita berharap, transportasi jalur laut tidak hanya dibuka ke kawasan Mandeh saja, tetapi juga ke tempat lain seperti Padang ke Pariaman atau ke Air Bangis,” tukuknya.

Sementara itu, Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo menyambut baik kehadiran KM. Bintang Mandeh. Walikota berharap, hal ini juga diikuti oleh pemilik kapal lain. “Saat ini banyak perantau kita yang ingin membawa kapalnya ke sini. Ketika itu saya menawarkan rute ke Muaro Anai karena ada pelabuhan di sana,” ungkap Mahyeldi.

Di sisi lain, Walikota menyebut bahwa tak lama lagi kawasan Muaro akan ditata dengan baik. Selain diberi penerangan, sedimen di Muaro juga akan dikeruk. “Sekarang kita masih mencari lokasi pembuangannya,” ujar Walikota.

Setelah dilakukan peresmian kapal tersebut dilakukan Mandeh Joy Sailing. Seluruh undangan menaiki kapal tersebut untuk kemudian bertolak menuju Mandeh.(Charlie)

Check Also

Peringatan Hari Tata Ruang dan Hari Bakti PU ke-74, Wagub Sumbar : Kab/Kota harus Selesaikan RTRW dan RDTR

Padang (LN)—Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terus mendorong untuk segera menyelesaikan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *