Home / INTERNASIONAL / Koalisi Pimpinan Arab Saudi Selidiki Dugaan Pelanggaran di Yaman

Koalisi Pimpinan Arab Saudi Selidiki Dugaan Pelanggaran di Yaman

Royal_Standard_of_Saudi_Arabia.svgRiyadh, (Antara/Xinhua-OANA)LN – Koalisi pimpinan Arab Saudi pada Ahad (31/1) melakukan penyelidikan mengenai dugaan pelanggaran di Yaman, termasuk kematian orang yang tak bersalah melalui penembakan “oleh sahabat”, demikian laporan lembaga berita lokal Al-Arabiya.
Komando koalisi tersebut di dalam satu pernyataan menggambarkan laporan media dan dugaan oranisasi hak asasi manusia mengenai kematian warga sipil yang tak bersalah akibat penembakan “oleh sahabat” sebagai disayangkan dan kekurangan bukti.
Koalisi itu menekankan penghormatannya atas semua dekrit dan hukum internasional, dan mengumumkan koalisi akan melakukan penyelidikan untuk memeriksa pernyataan mengenai pelanggaran hak asasi manusia, demikian laporan Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Senin pagi. Ditambahkannya, laporan menyeluruhnya akan disiarkan dan akan mencakup semua kasus yang terlibat.
Komando koalisi tersebut memberi izin kepada tim penyelidik untuk menugaskan para ahli guna membantu penyelidikan.
Tim itu akan mengunjungi semua lokasi dan mengumpulkan informasi. Satu rumah sakit Dokter Tanpa Perbatasan di Yaman belum lama ini dihantam tembakan “oleh sahabat”.
Koalisi tersebut menyoroti pernyataan bahwa rumah sakit itu berada di zona yang dilindungi, saat personelnya mengejar sasaran bergerak di sebelah rumah sakit tersebut.
Selanjutnya koalisi itu membahas dengan tim Dokter Tanpa Perbatasan berbagai tindakan untuk mencegah terjadinya peristiwa serupa pada masa depan.
Pada 26 Maret, koalisi pimpinan Arab Saudi akan memperingati satu tahun perang melawan gerilyawan Al-Houthi di Yaman. Banyak orang tewas dari kedua pihak. (*)

 

Check Also

Siti Nurbaya Jadi Keynote Speaker di Acara Holland Alumni Reception 2018

Jakarta  (LN)– Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc menilai pertemuan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *