Home / ---- / Komisi II DPRD Kota Padang : Lengkapi Fasilitas Inpres II

Komisi II DPRD Kota Padang : Lengkapi Fasilitas Inpres II

PADANG (LN)— DPRD Kota Padang, meminta pemerintah segera melengkapi fasilitas Pasar Inpres II yang telah selesai dibangun karena kekurangan itu membuat banyak pedagang masih enggan pindah.

Komisi II DPRD Padang, Hadison mengatakan sejauh ini pedagang yang tidak mau pindah itu bukan salah pedagang, namun memang fasilitas Inpres II yang belum lengkap. Bagaimana mungkin pindah tanpa ada fasilitas air dan listrik. Rabu (13/4)

Menurutnya, terkait permasalahan listrik memang tidak jadi tanggungjawab Dinas Pasar dan pedagang berurusan langsung dengan PLN, namun saluran air harus segera diselesaikan dinas terkait. Harus segera diselesaikan agar Inpres II benar-benar bisa ditempati dan tidak sia-sia pembangunannya,” Paparnya.

Terkait pemindahan pedagang ke lokasi tersebut juga perlu pengawasan maksimal agar jumlahnya tidak bertambah begitu saja.

Inpres II itu terdiri dari jumlah petak toko yang berbeda-beda yakni ada yang 200 petak per lantai dan ada pula yang kurang sehingga diharapkan secara total mencukupi untuk pedagang yang ada sekarang.

Selain itu, dia berharap penyelesaian Inpres III dapat terealisasi pada 2016 sehingga jika lokasi Inpres II tidak mencukupi untuk pedagang dapat teratasi dengan bangunan lainnya.

Salah seorang pedagang di Pasar Inpres II, Lilis (48) mengatakan sepinya lokasi itu disebabkan masih banyak pedagang yang berjualan di pinggir jalan atau pasar darurat sehingga pada pembeli yang enggan naik ke pasar itu.

Omzet di sini juga tidak mendukung, apalagi sudah banyak pasar satelit di Padang. Ditambah pula kesulitan untuk naik dan turun berjualan tiap hari di Inpres II,” Ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Pasar Padang, Endrizal mengatakan di Inpres II terdapat 804 pedagang yang terdiri dari 379 pedagang di lantai satu dan 425 pedagang di lantai dua.

Terkait sarana yang masih terbatas, ia menyampaikan pihaknya akan mencoba memperbaiki pada 2016 khususnya akses tangga ke lantai Inpres II.

Selain itu, juga akan dibangun jembatan penghubung dari Blok IV ke Blok II yang saat ini dalam proses desain dengan menghabiskan biaya sekitar Rp5 miliar. Dalam rencana sebenarnya sudah dianggarkan pada 2016 dan uangnya ada di Disperindagtamben,” ujarnya. (Aad)

Check Also

PSBB Sumbar Diperpanjang Hingga 7 Juni 2020, Hanya Bukittinggi News Normal

Padang (LN)—Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali diperpanjang oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat hingga 7 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *