Home / ---- / Pemantapan Sistem Jaringan Jalan Nasional, Satker PJN Wil. I Sumbar Segera Perbaiki Ruas Jalan Padang Panjang -Sicincin Sepanjang 89,98 Km

Pemantapan Sistem Jaringan Jalan Nasional, Satker PJN Wil. I Sumbar Segera Perbaiki Ruas Jalan Padang Panjang -Sicincin Sepanjang 89,98 Km

Padang (LN)–Ruas jalan Padang Panjang – Sicincin merupakan bagian dari segmen jalan pada ruas jalan lintas Barat Sumatera.

Ruas jalan tersebut menjadi urat nadi penting untuk memacu pertumbuhan perekonomian di daerah sekitarnya secara khusus serta pertumbuhan wilayah Nasional secara umumnya.

Karena jalan ini merupakan bagian jalan strategis yang menghubungkan simpul-simpul utama di Pulau Sumatera dengan fungsi peranan sebagai jalan arteri primer, dengan tingkat pergerakan lalulintas yang tinggi.

Oleh karena itu, tingkat pelayanan dan kapasitas harus dijaga dan ditingkatkan sebagaimana tingkat pelayanan minimal untuk ruas jalan arteri primer.

Hal itu diungkapkan Kasatker PJN. I Sumbar, melalui Pejabat Pembuat Komitmen 1.1 Padang Panjang–Lubuk Alung, Padang Panjang – Solok, Andi Mulya Rusli, di Padang.

Dengan kondisi jalan yang saat ini sudah mulai rusak serta lebar jalan yang kurang memadai sehingga tingkat pelayanannya mulai menurun serta kurang sesuai dengan syarat sebagai jalan Nasional dengan fungsi dan peranan arteri primer, ungkapnya.

Lebih jauh dijelaskannya, Jalan merupakan prasarana transportasi darat sektor perhubungan terutama untuk kelancaran dan kesinambungan distribusi barang dan jasa yang merupakan salah satu dari kegiatan ekonomi.

Untuk mendukung peningkatan pusat-pusat produksi dan permukiman Peningkatan Jalan Lintas Barat Sumatera dan lintas Tengah Sumatera itu, maka Kementrian PUPR RI melalui Satker Pelaksana Jalan Nadional (PJN) Wilayah. I Sumbar, pada TA. 2019 ini sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp7.606.450.000

untuk melakukan pemantapan terhadap sistem jaringan jalan nasional yang ada di Sumatera Barat yang berada pada ruas jalan Padang Panjang – Lubuk Alung, Padang Panjang – Solok dengan panjang penanganan 89,98 Km.

Adapun pekerjaan yang akan dilaksanakan yakni pekerjaan Pemeliharaan Rutin Jalan, Pemeliharaan Rutin Jembatan, dan Rehabilitasi Minor yang meliputi pekerjaan overlay (AC – WC), (AC – WC(L)), (AC – BC) dan (AC – BC(L)), perkerasan bahu beton dengan fc’ 20 MPa, patching permukaan aspal yang rusak, Lapis pondasi Agregat Kelas A, pengendalian tanaman, pembersihan drainase, pembersihan jembatan dan pengecatan sederhana, jelas Andi.

Sedangkan untuk ruang lingkup pekerjaan pada Preservasi terdiri dari 4 item, yakni Rekonstruksi/Rehabilitasi Jalan (600,00 meter), Preservasi Pemeliharaan Rutin Jalan (96.320,00 meter), Preservasi Jembatan (427,70 m) dan Preservasi Rutin Jembatan (1.067,40 m)

Sebagaimana diketahui pada saat ini paket Preservasi Jalan Padang – Lb. Alung, Padang Panjang – Padang Luar masih dalam proses lelang. Dioerkirakan pekerjaan sudah dimulai pada pertengahan Maret 2019 mendatang, karena menurut jadwal pada 15 Maret 2019 kontrak kerja sudah ditandatangani.

#fit

 

Check Also

Penjaring Calon Pimpinan KPK, Pansel Blusukan ke-8 Provinsi

JAKARTA (LN)—Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) akan blusukan ke 8 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *