Home / ---- / LSM LP-A1 Sumbar Nilai Dinas PU Kota Padang Kurang Kooperatif

LSM LP-A1 Sumbar Nilai Dinas PU Kota Padang Kurang Kooperatif

PADANG (LN)—LSM Perkumpulan Pemantau Kinerja Aparatur Negara Daerah Provinsi Sumatera Barat (LP-A1) merasa kecewa atas sikap Dinas PU Kota Padang yang kurang kooperatif dan responsif.

Terbukti, saat tim monitoring LSM LP-A1 Sumbar turun ke lokasi pekerjaan  Peningkatan dan Rehabilitasi Saluran Drainase Paket.2 (Sim.Tinju-Jl. Gajah Mada) tidak  ada pihak terkait (Dinas PU Kota Padang) yang ikut mendampingi.

Monitoring yang sudah disiapkan, tidak berjalan sebagaimana diharapkan, karena Dinas PU Kota Padang selaku penanggunjawab tidak ikut mendampingi sehingga dijadikan alasan oleh pihak konsultan pengawas  (Cv. Air Consulting Engineering) untuk menolak memberikan informasi terkait dengan pelaksanaan proyek tersebut.

“Kami tidak biasa berbuat apa-apa, sebelum ada rekomendasi dari Dinas PU Kota Padang”, sampai Konsultan Pengawas Cv. Air Consulting Engineering, Rizal saat ditemui tim monitoring, Kamis (3/11) di jalan Gajah Mada Padang.

Menanggapi kejadian itu, Ketua tim monitoring, Sekjen LSM LP-A1 Sumbar, Syafri Tanjung mengatakan, “Monitoring yang dilakukan saat ini, tidak sesuai dengan yang diharapkan, karena Dinas PU Kota Padang tidak ikut mendampingi ke lapangan.

Meskipun demikian, organisasi (LSM LP-A1) akan menggambil langkah selanjutnya, yakni melaporkan kondisi yang ada serta mememinta keterangan (klarifikasi) kepada  Dinas PU Kota Padang.

Perlu di ingat, LSM LP-A1 tidak main-main, melaksanakan fungsi dan tugas sesuai dengan amanat UU serta prosedur tetap (Protap) organisasi yang sudah ada, jelas Syafri Tanjung tegas.

Dijelaskannya, “Sebelumnya LSM LP-A1 Sumbar sudah melayangkan surat pemberitahuan tentang rencana dilakukannya monitoring ini kepada Dinas PU Kota Padang.  Meskipun sudah disampaikan secara ilegan, namun tidak terlihat respon positif Dinas PU Kota Padang, bahkan sebaliknya terkesan menghindar, sampai Syafri Tanjung agak kecewa.

Sambungnya, “Padahal tujuan dilakukannya monitoring ini tidak lain untuk membantu mewujudkan pemerintah bersih dan berwibawa. Yakni, terlaksanakannya kegiatan/program kerja pemerintah yang sesuai dengan harapan, sehingga manfaatnya betul-betul dapat dirasakan oleh masyarakat.

Jangan sampai proyek-proyek yang ada dijadikan lahan untuk mencari kekayaan kelompok/golongan tertentu. Selainj itu, diminta kepada Dinas PU Kota Padang agar lebih kooperatif dalam menanggapi hal ini, harapnya.   (Tim)

Check Also

BPPW Sumbar Bersinergi dengan Pers, Dorong Percepatan Pembangunan di Sumbar

Padang (LN)—BPPW Sumbar Bersinergi dengan Pers, Dorong Percepatan Pembangunan di Sumbar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *