Home / ---- / Manfaatkan Dana Fasling, Warga Gunung Pangilun Antusias “Goro”

Manfaatkan Dana Fasling, Warga Gunung Pangilun Antusias “Goro”

PADANG (LN)–Tahun 2016 ini, Pemerintah Kota Padang menganggarkan untuk pembenahan fasilitas lingkungan (Dana Fasling) untuk setiap kelurahan. Masing-masing kelurahan mendapatkan Rp50 juta yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan fasilitas lingkungan seperti perbaikan jalan, pembenahan drainase dan sebagainya.

Seperti yang dilakukan di Jalan Gunung Ledang Kelurahan Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara, Minggu (17/7), pemanfaatan dana fasling ini langsung dimanfaatkan warga untuk pengerasan jalan di lingkungan setempat.

Camat Padang Utara Editiawarman disela monitoring kegiatan tersebut mengungkapkan, dengan adanya anggaran yang disalurkan melalui kecamatan ini, diayakini akan dapat menjawab permasalahan-permasalahan terkait fasilitas lingkungan. Sekaligus, ketersediaan dana ini akan merangsang partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

“Terbukti di Kelurahan Gunung Pangilun ini, warga melalui lurah langsung mengajukan proposal untuk perbaikan. Kemudian warga juga langsung turun dengan antusias untuk bergotong royong,” ujarnya.

Menurut Editiawarman, dana fasling ini berbeda dengan dana untuk kegiatan manunggal. Dana fasling bisa digunakan untuk berbagai jenis kegiatan perbaikan fasling. Sifatnya dana ini diturunkan berupa material nantinya pengerjaannya murni oleh masyarakat dengan melibatkan elemen Babinsa dan Babin Kantibmas dari Muspika. Makanya dana fasling tidak termasuk upah.

Dana fasling tidak termasuk upah, karena yang diturunkan berupa bahan, kemudian pengerjaannya murni swadaya warga,” sebut camat.

Dikatakan Editiawarman, sekaligus kegiatan ini sebagai simbolis diluncurkannya kegiatan dana fasling di Kecamatan Padang Utara serta launching Tim Reaksi Cepat (TRC) pembenahan fasling di Padang Utara.

“Kegiatan fasling perdana di Padang Utara ini juga berbarengan dengan launching TRC Padang Utara,”imbuhnya.

Sementara itu, pada kegiatan perbaikan jalan di RT 03/RT 04 Gunung Pangilun ini, selain Camat Padang Utara dan Lurah Gunung Pangilun juga turut membaur dengan masyarakat Komandan Koramil 02/Padang Barat dan Utara Feri Handra bersama anggotanya.

Lurah Gunung Pangilun Andi Amir mengatakan, kegiatan kali ini berdasarkan pengajuan warga melalui kelurahan. Masih ada beberapa kegiatan untuk perbaikan fasilitas umum di kelurahan inj termasuk untuk mengatasi banjir.

“Kita manfaatkan seoptimal mungkin dana fasling ini. Masih ada beberapa kegiatan lainnya yang diajukan warga, yaitu perbaikan drainase agar tidak banjir,” sebutnya.(DU)

Check Also

PSBB Sumbar Diperpanjang Hingga 7 Juni 2020, Hanya Bukittinggi News Normal

Padang (LN)—Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali diperpanjang oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat hingga 7 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *