Home / ---- / Melalui Musker Pengurus Masjid, Diharapkan Mampu Membangunan Jiwa Masyarakat Menuju Nagari Madani

Melalui Musker Pengurus Masjid, Diharapkan Mampu Membangunan Jiwa Masyarakat Menuju Nagari Madani

Agam (PN)-Wakil Bupati Agam H. Trinda Farhan Satria Dt.Tumangguang Putiah mengatakan, Musyawarah Kerja (Muker) pengurus Masjid bukan hanya berdampak kepada jama’ah masjid saja, tetapi juga memiliki dampak jangka menengah terhadap masjid yang ada di daerah itu. Pemkab Agam komit, dalam lima tahun ke depan menjadikan hal itu sebagai salah satu prioritas untuk membangun jiwa masyarakat.

Demikian disampaikan Trinda Farhan Satria, saat membuka Muker Pengurus Masjid Agung Nurul Fallah Lubuk Basung, di aula Kantor Bupati Agam, Sabtu (20/1).

Dikatakan Wabup, seperti syair lagu Indonesia Raya, tercantum bangunlah jiwanya bangunlah raganya, dan banyak orang kurang fokus pada pembangunan jiwa nya. Wajar saja, karena kalau jiwa dibangun tidak langsung kelihatan hasilnya, berbeda dengan pembangunan fisik.

“Kalau dibangun jiwa masyarakat hari ini, maka hasilnya bakal kelihatan lima atau 20 tahun kedepan, kita sangat menyadari hasilnya tidak kelihatan, tapi dengan hasilnya itu lah yang bakal menentukan seperti apa wajah Kabupaten Agam kedepannya,” ujar wabup.

Dikatakannya, bagi pemerintah, hal itu dijadikan sebagai salah satu prioritas untuk lima tahun ke depan dengan Gerakan Nagari Madani, yang betul-betul menjadi bagian penting, dan mendasar untuk menyiapkan Agam yang madani, dan menjadi daerah yang memiliki peradaban tinggi.

Dengan demikian, salah satu sentra aktivitas masyarakat yang tidak bisa diabaikan adalah masjid, bahkan masjid juga dijadikan sebagai pusat kegiatan sosial masyarakat, yang tertuang dalam kriteria gerakan Nagari Madani, sehingga Pemkab Agam sendiri punya Masjid Agung Nurul Fallah, Insya allah menjadi bagian dari Masjid Jami’, dan masjid lainnya yang ada di daerah itu.

“Sejalan dengan itu, ini lah yang menjadi tantangan berat bagi Pengurus Masjid Agung Nurul Fallah untuk bisa mewujudkannya secara bertahap. Semoga, niat baik untuk membangun jiwa masyarakat menuju Nagari Madani, di Kabupaten Agam bisa terwujud,” ujarnya berharap.

Musyawarah Kerja tersebut diikuti pengurus Masjid Agung Nurul Fallah Lubuk Basung, BKMT Masjid Agung Nurul Fallah Lubuk Basung, Guru TPA/TPQ di Masjid Agung Nurul Fallah Lubuk Basung, imam dan garin Masjid Agung Nurul Fallah Lubuk Basung, di mana pesertanya berjumlah sekitar 70 orang. (Tam/AMC)

Check Also

Pjs. Wako Padang Bersama Kapolda Sumbar Komit Tingkatkan Sinergitas dan Netralitas Pilkada Serentak

Padang (LN)–Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Padang, Drs. Alwis mengikuti Upacara Gabungan antara TNI, Polri dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *