Home / ---- / Membangun Perilaku Pendidikan Inspiratif dan Berkarakter

Membangun Perilaku Pendidikan Inspiratif dan Berkarakter

PADANG (LN)–Gubernur Sumatera Barat menjadi Narasumber pada Seminar Nasional Motivasi Guru yang dihadiri oleh guru-guru SD, SMP, SMA se-Sumbar dengan tema “Membangun Perilaku Pendidikan yang Inspiratif dan Berkarakter”.

Seminar yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional itu digelar Kamis (5/5) di Padang.

Selain gubernur, Walikota Padang H. Mahyeldi dan Guru Besar Universitas Negeri Jakarta Prof. Dr. Arief Rachman M.Pd juga menjadi narasumber pada seminar tersebut. Selain itu, hadir juga Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Habibul Fuadi.

Pada kesempatannya, gubernur memaparkan problematika dan dinamika pendidikan di Sumatera Barat. Salah satu hal yang menjadi permasalahan dasar adalah anggaran pendidikan yang terbatas di Sumatera Barat. Namun, menurut gubernur itu tidak terlalu menjadi masalah karena yang terpenting terletak pada tenaga pendidik itu sendiri.

Permasalahan guru sendiri menurut gubernur adalah tidak semua guru ingin untuk meningkatkan kualitas diri, sehingga materi yang diajarkan di kelas pun menjadi kurang dipahami oleh muridnya. Untuk itu, gubernur mengajak para guru untuk mengaktualisasi diri dan menjadikan pekerjaan mendidik menjadi sesuatu ibadah.

“Aktualisasi diri dan jadikan kerja pendidik sebagai ibadah, jika hal ini tertanam pada diri maka motivasi untuk meningkatkan diri akan ada pada kita semua”.

Untuk mengaktualisasi diri ini, gubernur menyampaikan agar para guru dapat belajar kembali materi pendidikan yang diajarkan secara penuh dan perlu adanya inovasi dan pengembangan yang baru dalam menyampaikan mata pelajaran. Selain itu, guru guru perlu menguasai perkembangan teknologi dengan menguasai internet.

Gubernur berharap guru guru agar lebih bersungguh-sungguh dalam mengaktualisasi diri sehingga mutu pendidikan pun lebih meningkat. (*)

Check Also

Tim Verifikasi Pasca Bencana Sumbar Dilepas, Validasikan Daerah Terkena Bencana

Padang (LN)—BPBD Sunbar melepas Tim verifikasi pasca bencana, Kamis (6/8) di Padang Sumbar. Tim verifikasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *