Home / ---- / Memprihatinkan, Lapas Dharmasraya Kelas 111 Terbengkalai

Memprihatinkan, Lapas Dharmasraya Kelas 111 Terbengkalai

DHARMASRAYA (LN)–Sejak dibangun pada tahun 2009, lapas kelas 111 Dharmasraya hingga sekarang masih terbengkalai dan tidak dapat difungsikan sebagaimana mestinya. 

Dari pantauan media www.laksusnews.com (17/7), tampak lapas belum memiliki gerbang masuk, ruang tahanan belum memiliki pintu, gedung kantor dan ruang tahanan masih terbengkalai serta halaman depan dipenuhi ilalang atau rumput liar.

Bahkan, ruang pemantau pada bagian atas hanya sebagian yang terpasang jeruju kawat berduri. Dan parahnya, dapur disulap menjadi kantor.

Terkait dengan kondisi tersebut, Kepala Lapas kelas 111 Dharmasraya, Ahmad Junaidi saat dikonfirmasi tidak dapat berkomentar banyak. 

Dikatakannya, “Lapas ini hendaknya dapat difungsikan, sebab warga binaan asal Dharmasraya sudah sangat banyak di lapas Sijunjung. Diperkirakan ada sekitar 50 persen warga binaan di lapas Sijunjung adalah warga kabupaten Dharmasraya,” ungkapnya. 

Yang paling dibutuhkan untuk saat ini, mengaktifkan lapas ini, harapnya.

Yang perlu dibenahi yakni gerbang, pintu ruang tahanan, 4 ruang tahanan dan 4 ruang pemantau di masing masing sudut pagar. 

“Dan kalau semua sudah diperbaiki, otomastis akan lebih aman dan bermanfaat karena pihak keluarga warga binaan yang membesuk bisa datang setiap hari walaupun tidak punya uang,” jelas Ahmad.

Dikatakannya juga, “Saat ini sudah ada 11 ruang tahanan, nantinya jika memang sudah aktif, maka masing masing ruang akan di isi sekitar 10 orang warga binaan.”

(D.dlo0yd)

Check Also

Ketua DPR Minta Polri Tindak Tegas Akun Penyebar Hoaks

JAKARTA.LN- – Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Badan Pengawas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *