Home / ---- / Mewujudkan Program Pemkab Agam, Jorong Harus Menggandeng Wali Nagari

Mewujudkan Program Pemkab Agam, Jorong Harus Menggandeng Wali Nagari

Agam (PN)-Wali Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Darma Ira Putra, SE melantik David Richarzoni, S.Pd, MM, sebagai Wali Jorong II Balai Ahad, di Aula Kantor Walinagari Lubuk Basung, Kamis (11/1).

Pelantikan dihadiri Camat Lubuk Basung Drs. Murni Idrus, anggota DPRD Agam Noveri Edios dan Yuspidar, Polsek Lubuk Basung diwakili Babinkamtibmas, Bamus Nagari Lubuk Basung, Wali Jorong se Nagari Lubuk Basung, RK se Nagari Lubuk Basung, dan Tim Pansel pemilihan wali jorong.

Pada kesempatan itu, Darma Ira Putra menyebutkan, David Richarzoni terpilih sebagai wali jorong berkat warga yang ingin menompangkan harapannya, agar bisa berbuat lebih untuk meningkatkan kesejahteraan di jorong yang dipimpin.

“Ini merupakan amanah yang harus dilaksanakan sesuai aturan yang berlaku, di mana amanah itu harus dijalankan dengan bijaksana, dan penuh tanggungjawab,” ujarnya.

Darma menegaskan, sebagai pemimpin harus mampu mendorong kegiatan pemerintah nagari, kecamatan, dan kabupaten, sehingga kegiatan yang dilakukan sinkron dengan program Pemkab Agam.

“Di samping program pembangunan, Pemkab Agam saat ini tengah menggalakkan gerakan Nagari Madani, tentu untuk mewujudkan gerakan itu berawal dari bawah atau dari jorong,” ujarnya pula.

Dengan demikian, ia mengharapkan wali jorong bisa membantu walinagari dalam menjalankan gerakan tersebut, seperti melaksanakan kegiatan keagamaan, adat, budaya dan sosial.

“Tidak hanya di Jorong II Balai Ahad, tetapi wali jorong lainnya juga harus mampu menjalankan kegiatan terebut,” ujarnya berharap.

Lebih lanjut Darma Ira Putra mengatakan, 2018 merupakan tahun politik, dan wali jorong harus bisa memposisikan dirinya, boleh berpolitik asalkan sesuaikan dengan jabatan yang dipegang saat ini.

Sementara itu, Camat Lubuk Basung Drs. Murni Idrus menyebutkan, walau bagaimanapun, wali jorong harus seiring dengan wali nagari, karena wali jorong sebagai perpanjangan tangan dari wali nagari, dan apa yang dilakukan harus sesuai dengan aturan yang ada di nagari.

“Mudah-mudahan wali jorong terpilih bisa menggandeng wali nagari untuk meningkatkan pemabangunan di Nagari Lubuk Basung,” ujarnya berharap.

Disampaikan M. Idrus, terkait Nagari Madani, jorong harus mampu melaksankaan kegiatan yang sesuai dalam kriteria gerakan Nagari Madani tersebut, diantaranya keagamaan, adat, budaya dan sosial.

“Mudah-mudahan jorong terpilih bisa melaksakannya dengan baik, dan penuh tanggungjawab atas kegiatan yang dilakukan,” ujarnya berharap. (Tam/AMC)

Check Also

Ketua DPR Minta Polri Tindak Tegas Akun Penyebar Hoaks

JAKARTA.LN- – Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Badan Pengawas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *