Home / ---- / MTsN Koto Tangah Terima Penghargaan Adiwiyata Mandiri dari Wapres RI

MTsN Koto Tangah Terima Penghargaan Adiwiyata Mandiri dari Wapres RI

Padang (LN)—Letak yang jauh dari pusat kota Padang, tak menjadi penghalang apalagi penghambat untuk berprestasi, buktinya MTsN Koto Tangah mampu berprestasi baik akademis maupun penghargaan adiwiyata.

Seperti baru-baru ini MTsN Koto Tangah Terima Penghargaan Adiwiyata Mandiri yang diserahkan langsung Wakil Presiden di Kab. Siak 22 Juli lalu. Sebagai ungkapan rasa syukur hari, Kamis (4/8) Kepala MTsN Beserta Jajaran menggelar acara syukuran.

Hadir Kakanwil Kemenag, Kepala Bapedalda, Kakan Kemenag Kota Padang dan Unsur Muspika. Rasa syukur yang dalam tercurah dari Kepala MTsN Kota Tangah Hj. Rifda bersama tim adiwiyata.

“Tiga tahun terakhir MTsN Koto Tangah berturut-turut meraih penghargaan adiwiyata. Tahun 2013 kita meraih adiwiyata provinsi, 2014 meraih adiwiyata nasional dari Menteri Lingkungan Hidup. Dan tahun 2016 ini, Alhamdulillah, kita menerima penghargaan adiwiyata Mandiri yang diserahkan langsung Wakil Presiden di Siak Juli lalu”, papar Rifda dalam hantaran katanya.

Penghargaan ini diraih, lanjut Rifda berkat dukungan dari semua pihak terutama sekolah binaan dan masyarakat di Lingkungan madrasah. Terimakasih tak terhingga atas kerjasama yang baik ini dan kita telah sama-sama bekerja dalam meraih prestasi luarbiasa ini, ungkap Rifda dengan penuh semangat.

Kepala Bapedalda Kota Padang diwakili Emrizal menyampaikan,MTsN Koto Tangah, satu dari tiga madrasah se Indonesia yang meraih adiwiyata mandiri. Hanya Tiga Madrasah se Indonesia raih adiwiyata mandiri, Dua dari Kota Padang MTsN Koto Tangah dan MTsN Parak Laweh, satu lagi diraih MTsN Kupang.

Emrizal berpesan kepada siswa madrasah tunjukkkan pada dunia bahwa kebersihan itu sebagian dari iman. Lebih dari seperlima ayat Alqur’an berkenaan dengan lingkungan hidup, paparnya.

Diakui Emrizal, presentasi madrasah raih adiwiyata jauh lebih tinggi dari sekolah umum. Madrasah mendapat 20 persen sementara sekolah umum hanya 0,5 persen.

Ia optimis Kota Padang siap mewakili Indonesia ke tingkat International. Dibawah naungan Kementerian Agama Emrizal berharap, kiranya virus adiwiyata terus disebarkan.

“Madrasah mampu mengaplikasikan nilai-nilai alqur’an di lingkungan madrasah. Mudah-mudahan adiwiyata berkembang dan madrasah menjadi surga, harap Kepala Bapedalda.

Sementara Kakanwil Kemenag Sumbar diwakili Kabag Tu, H. Bustari sangat bangga dan memberikan apresiasai khusus atas penghargaan yang diraih MTsN Kota Tangah.

Ia berharap prestasi ini lebih ditingkatkan ke jenjang yang lebih tinggi. Dikatakan Kakanwil, penghargaan ini diraih atas dukungan semua pihak dan lingkungan serta instansi sekitar madrasah.

“Sukses terbesar adalah Bappedalda Kota Padang yang telah mengusung MTsN Koto Tangah dalam adiwiyata. Sinergi dua instansi ini salahsatu bentuk dukungan terbesar, kata Kabag TU.

Kepada Jajaran MTsN Koto Tangah Kakanwil berpesan untuk tetap kompak melanjutkan prestasi ini.

“Jangan terlena dengan keberhasilan ini. Jangan berhenti disini. Mari pupuk kebersamaan untuk lanjutkan prestasi.

“Saat ini prestasi madrasah tidak lagi dipandang sebelah mata. Mulai darisekolah sehat, adiwiyata dan hasil UN sudah sejajar bahkan diatas sekolah umum. Nilai adiwiyata mudah-mudahan bisa didisiplinkan kepada siswa. Tidak hanya sehat fisik tapi juga sehat rohaninya, harap Kakanwil. (LN/F)

Check Also

PSBB Sumbar Diperpanjang Hingga 7 Juni 2020, Hanya Bukittinggi News Normal

Padang (LN)—Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali diperpanjang oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat hingga 7 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *