Home / ---- / Musrenbang Pauh, Jalan Lingkar di Usulkan

Musrenbang Pauh, Jalan Lingkar di Usulkan

PADANG – Musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Pauh digelar Senin (22/2). Kegiatan ini dilaksanakan di ruang sidang lantai enam pustaka kampus Universitas Andalas.

Dalam Musrenbang itu mengapung usulan dari masyarakat agar peningkatan jalan lingkar di daerah itu segera dilakukan. Jalan lingkar itu diharapkan akan meningkat ekonomi dan mempermudah akses jalan bagi masyarakat.

“Jalan lingkar menjadi usulan yang sangat urgen pada Musrenbang ini,” ujar Camat Pauh, Wardas Tanjung.

Peningkatan jalan lingkar ini sepanjang 7,8 Km. Peningkatan jalan tersebut dimulai dari Cupak Tangah, Alai Kapalo Koto, terus ke Limau Manih, Koto Lua dan berakhir di Banda Buek.

“Peningkatan jalan ini menyangkut kesejahteraan ekonomi masyarakat. Dengan bagusnya jalan, otomatis bus kampus Unand akan bisa lewat, mahasiswa akan memilih tinggal di daerah tersebut. Sehingga ekonomi masyarakat setempat meningkat. Itu yang belum tersentuh hingga saat ini,” terang Wardas.

Dalam Musrenbang itu hadir diantaranya Walikota Padang yang diwakili Asisten III Administrasi, Corri Saidan, kuasa rektor Unand, Prof Dr Dachrianus, anggota DPRD Sumbar Dapil Padang, Rahmat Saleh, anggota DPRD Padang, Iswandi Muchtar, Dian Anggraini, dan Zaharman. Selain itu juga terlihat Ketua DPC LPM, Jamasri dan sejumlah kepala SKPD di lingkup Pemko Padang.

Di Musrenbang itu juga mengapung keinginan masyarakat setempat tentang permasalahan irigasi. Dimana irigasi di Limau Manih dijebol banjir beberapa waktu lalu.

“Insha Allah dalam tahun ini beberapa irigasi akan kita perbaiki seiring dengan adanya anggaran perbaikan untuk irigasi Banda Duku, Limau Manih dan Limau Manih Selatan,” pungkas Wardas.

Sementara itu Corri Saidan menginginkan prioritas pembangunan di kecamatan tetap diarahkan kepada penuntasan sepuluh program unggulan Pemko Padang. Program kegiatan yang diusulkan akan dapat menjawab berbagai berbagai permasalahan yang nantinya akan memberi arah dalam pemetaan perencanaan pembangunan ke depan.

“Khusus untuk Kecamatan Pauh, Musrenbang untuk mendorong pengembangan ekonomi kreatif dan UMKM. Serta pemberdayaan ekonomi masyarakat. Maka potensi kecamatan sebagai salah satu wilayah pertanian dan untuk meningkatkan potensi yang ada kiranya menjadi diskusi dan tergambar di Musrenbang ini,” ujarnya.

Corri menekankan, dalam setiap Musrenbang, camat mesti mampu menggali usulan masyarakat terkait dengan pencapaian sepuluh program unggulan Pemko Padang. Selain itu, karena Pauh merupakan daerah pertanian, camat diharapkan juga bisa menggali potensi pertanian dalam meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Dalam Musrenbang itu juga diberikan reward kepada kelurahan yang berhasil menggelar Musrenbang dengan baik. Kelurahan yang mendapat reward yakni Kelurahan Pisang, Cupak Tangah, dan Limau Manis Selatan.(Charlie / Mursalim)

Check Also

KPP Pratama II Padang, Eureka : Telusuri Pajak Kapal, Sikat Jika Ditemukan Penyimpangan

PADANG (LN)–Beberapa perusahaan perkapalan di bidang jasa traveling yang ada di Kota Padang, disinyalir tidak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *