Home / BERITA TERBARU / Negara-Negara Amerika Latin Perangi Virus Zika
Virus Zika menyebar melalui gigitan nyamuk

Negara-Negara Amerika Latin Perangi Virus Zika

RIO DE JANEIRO,(LN) – Otoritas kesehatan di negara-negara Amerika Latin (Amerika Utara dan Tengah) sedang memerangi wabah virus Zika yang mulai menyebar di wilayah regional tersebut.

Pemerintah Brasil mengatakan mereka akan mengrimkan 220 ribu tentara ke seluruh wilayah Negeri Samba itu demi menekan penyebaran nyamuk yang menjadi inang dari virus Zika. Keputusan pemerintah ini dikabarkan diberukan karena sudah mulai mendekati karnaval tahunan Rio Carvinal.

Dilaporkan, otoritas kesehatan sudah menyemprot dan melakukan fogging beberapa perumahan warga dan lokasi-lokasi turis di Brasil.

Sebagaimana dilansir dari NHK, Kamis (28/1/2016) otoritas Brasil mengatakan virus Zika diduga bertanggung jawab atas meningkatnya kasus microcephaly, dimana para bayi lahir dengan kerusakan otak dan memiliki kepala lebih kecil dari ukuran normal.

WHO (World Health Organization) menyampaikan semenjak Sabtu pekan kemarin, sebanyak 21 negara dilaporkan telah terkena penyebaran virus Zika. Wabah ini pada awalnya berasal dari seorang pasien di Brasil yang terjangkit pada Mei tahun lalu.

Pada Selasa 26 Januari 2016, Dinas Kesehatan Kolombia pada konferensi pers menyatakan mereka memperkirakan tahun ini di negara tersebut akan ditemukan 600 ribu kasus virus Zika. Mereka menambahkan puncaknya penyebaran wabah ini akan terjadi pada bulan Maret dan April.

Dilaporkan, otoritas dari El Salvador bahkan mengambil langkah jauh dengan memperingati para perempuan di negara tersebut untuk tidak hamil hingga 2018. Hal ini diduga untuk mencegah janin terinfeksi oleh virus Zika.
Hingga saat ini masih belum ada vaksin atau perawatan untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh virus Zika.(*)

Check Also

Dukung Program Wako Padang Lahirkan 10.000 Wira Usaha, Dinas Perdagangan Padang Gelar Bimbingan untuk Pedagang Micro Kecil dan Eceran

Padang (LN)—Dinas Perdagangan Kota Padang memberikan Bimbingan peningkatan perdagangan mikro kecil dan eceran, Selasa (13/8) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *