Home / ---- / Pada HUT Kota Padang Ke-349, Dinas Perdagangan Lakukan Terobosan Kerjasama Perdagangan dengan Vietnam

Pada HUT Kota Padang Ke-349, Dinas Perdagangan Lakukan Terobosan Kerjasama Perdagangan dengan Vietnam

Padang (LN)–Bertepatan dengan HUT Kota Padang ke 349, pemerintah kota Padang melalui Dinas Perdagangan berhasil membuat terobosan, menjalin hubungan kerjasama perdagangan dengan negara Vietnam.

Yang mana, Pemko Padang diberikan kesempatan untuk memperkenalkan produk produk dagangannya di Vietnam.

Sebaliknya, Pemko Padang juga memberikan kesempatan kepada Vietnam untuk membuka stand di Pasaraya Padang.

Hal itu disampaikan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah saat meresmikan Pasar raya inpres III, Selasa (7/8).

Ba Ria Vung Tau Trade Center yang berada di lantai 3 Blok III Pasar Raya Padang

Hasil kerjasama ‘sister city’ (kota kembar-red) antara Padang-Ba Ria Vung Tau itu seakan istimewa. Pasalnya juga bertepatan dengan hari jadi Kota Padang yang ke-349.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah menyampaikan, atas nama Pemerintah Kota Padang mengucapkan terima kasih atas kerjasama sister city dengan Provinsi Ba Ria Vung Tau, Vietnam yang dimulai dalam bentuk pendirian Ba Ria Vung Tau Trade Center selaku pojok promosi daerah bagi negara anggota Asia Tenggara tersebut di Padang. Ini semua merupakan salah satu perwujudan komitmen kita sebagai kota kembar.

“Alhamdulillah, memanfaatkan momentum tersebut Pemerintah Propinsi Ba Ria Vung Tau membuka Trade Center di Kota Padang, Semoga dengan adanya Trade Center Ba Ria Vung Tau ini, tentunya kita masyarakat Kota padang dan umumnya Sumatera Barat akan dapat menikmati komoditi unggulan Ba Ria Vung Tau Vietnam.

Sebaliknya Kota Padang pun juga berencana akan membuka galeri di Ba Ria Vung Tau untuk memperkenalkan secara langsung produk kota Padang di sana, diantaranya Rumah makan Padang,” sebut Mahyeldi.

Selain meresmikan Trading Center Ba Ria Vung Tau tersebut, walikota Padang  juga melaunching galeri 19 kota/babupaten se-Sumatera Barat (Sumbar) yang menampilkan produk-produk unggulan masing-masing daerah. Sehingga Blok III disulap menjadi miniaturnya Sumbar di sektor Perdagangan.

Ke depan, produk-produk yang ada di Sumbar terutama kota Padang akan masuk ke Vietnam demikian juga sebaliknya.

Kerjasama perdagangan ini tentunya saling memberikan keuntungan yang akan berdampak terhadap kesejahteraan perekonomian masyarakat kota Padang, ucap Wako Padang.

Sementara itu, Ketua DPRD kota Padang Elly Thrisyanti memberikan apresiasi kepada Dinas Perdagangan Kota Padang karena mampu membuat terobosan, melakukan kerjasama dengan negara Vietnam.

Kerjasama seperti ini tentunya membuka peluang investasi yang dapat memberikan keuntungan bagi Kota Padang yang berampak terhadap kesejahteraan masyarakat, harapnya.

Selain itu, Elly juga mengatakan, Dengan menjadikan pasar yang sehat, nyaman dan aman bagi masyarakat berbelanja ataupun berdagang tentunya bisa menjadi destinasi wisata bagi masyarakat, terangnya.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal pada kesempatan itu menjelaskan, Latar belakang acara ini untuk memperingati ulang tahun kota Padang ke 349.

Diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya, peresmian pasar inpres III, kantor lurah Kampung jao, galeri di seluruh kabupaten kota serta peresmian galeri produk merk dagang vietnam yakni Vietnam Ba Ria-Vung Tau Rade Centre di kota Padang

Ini merupakan kerjasama  barter (pertukaran) produk dagang karena Galeri Pemko Padang juga ada di vietnam,

Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan pariwisata di Kota Padang, jelas Endrizal.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Wakil gubernur Ba Ria Vung Tau Vietnam.

 

#jon/hen/fit

Check Also

Hari Bhakti PUPR ke-73 di Sumbar, Kerjasama dan Kekompakan Kunci Suksesnya Pembangunan Insfrastruktur

Padang (LN)–Untuk dapat menyelesaikan tugas pembangunan infrastruktur, maka insan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *