Home / ---- / Pansus I DPR Padang Bahas Raperda Pembangunan Industri Kota, Koto Tangah Diusulkan Sebagai Kawasan Industri

Pansus I DPR Padang Bahas Raperda Pembangunan Industri Kota, Koto Tangah Diusulkan Sebagai Kawasan Industri

Padang (LN)–DPRD Kota Padang melakukan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pembangunan Industri Kota disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2015 tentang Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) Tahun 2015-2035.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) I DPRD Kota Padang Wismar Panjaitan, pada pembahasan tersebut (11/3) mengatakan, pemerintah pusat mewajibkan daerah untuk membuat rencana pembangunan industri daerah, baik itu provinsi, kabupaten maupun kota.

Adapun tujuannya dilakukan nya hal itu guna memperkuat dan memperjelas peran pemerintah dalam pembangunan industri nasional, terangnya.

“Rencana Pembanguan Industri Nasional (RIPIN) bertujuan untuk mewujudkan industri nasional sebagai pilar dan penggerak perekonomian.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, peran daerah sangat dibutuhkan. Daerah harus ikut menyukseskan RIPIN dengan membuat rencana pembangunan industri provinsi/kabupaten/kota, ucapnya.

Dijelaskannya, Pansus I melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Perindustrian di Jakarta dalam rangka menyamakan presepsi terkait aturan yang ada di pusat. Sebab, rencana pembangunan industri kota harus sinkron dengan rencana pembangunan industri provinsi dan RIPIN tersebut.

Menurutnya, rencana pembangunan industri kota ini harus berada di kawasan atau sentra. Ironisnya, Kota Padang sendiri belum ada kawasan atau sentra untuk itu.

“Kawasan ini sendiri harus ada seluas 50 hektar dan untuk sentra sekitar 5.000 meter. Kita sudah mengajukan di RTRW  untuk kawasan industri ini berada di daerah Koto Tangah,” cakap Ketua Fraksi Perjuangan Bangsa (FPB) ini.

Selain itu, jelas politisi PDI Perjuangan ini, rencana pembangunan industri kota juga harus mengakomodir kearifan lokal. Dimana kearifan lokal merupakan kekayaan budaya yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat, serta merupakan perilaku positif.

Red/Fh/Bs

Check Also

Kasdim 0312/Padang Pimpin Rapat Persiapan HUT RI Ke-73, Siapkan Penggelaran Festival Merah Putih

Padang (LN)–Festival Merah Putih, Merahputihku Satukan kebhinnekaan di Kota Padang 2018 pada acara kegiatan rapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *