Home / ---- / Peduli Kelestarian Alam, PDAM PADANG Serahkan Bantuan 1.070 Bibit Pohon Produktif

Peduli Kelestarian Alam, PDAM PADANG Serahkan Bantuan 1.070 Bibit Pohon Produktif

pdam-oke1PADANG (LN)—PDAM Kota Padang ikut menyukseskan program reboisasi di kawasan sumber bahan baku Guo Kuranji dengan memberikan bantuan pohon produktif sebagai bentuk kepedulian, diserahkan pada “Malam kesenian Salawat Dulang”, 28-29 November 2016 di Masjid Taqwa Guo Kuranji

Program ini mendapat sambutan dan antusias dari masyarakat setempat Guo Kuranji. PDAM Kota Padang menyerahkan 1.070 bibit pohon produktif yang terdiri dari 550 batang bibit manggis dan 520 batang bibit asam.

Direktur Utama PDAM, Muswendry Evytes mengatakan, “Pemberian bantuan pohon produktif siap ditanam sebagai bentuk kepedulian PDAM Padang terhadap kelestarian alam dengan ikut memberdayakan masyarakat sekitar.

Dengan terjaganya kelestarian alam, maka mata air yang merupakan sumber bahan baku PDAM kota Padang juga ikut terjaga”.

Dijelaskannya, “Bibit yang diserahkan secara simbolis pada malam kesenian salawat dulang itu akan ditanam masyarakat guo Kuranji di kawasan sungai yang menjadi sumber bahan baku PDAM Padang selama ini”.

Selain itu, Muswendry juga mengatakan “Dengan adanya momen ini masyarakat setempat bisa menggali lagi kebudayaan-kebudayaan lokal yang mereka miliki sehingga peduli terhadap budaya lokal.

PDAM juga menfasilitasi kegiatan penyuluhan dan sosialisasi pada masyarakat akan pentingnya manfaat koperasi untuk masyarakat di Guo Kuranji.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian PDAM Kota Padang di sekitar sumber air PDAM. Guo Kuranji merupakan salah satu lokasi sumber air PDAM yang nantinya setelah diproses di Instalasi Pengolahan Air (IPA), akan dialirkan ke pelanggan daerah Kuranji. Saat ini PDAM Padang sedang gencar-gencarnya melakukan penghi jauan di daerah sumber air,” katanya.

Sumber air baku PDAM dari air permukaan (sungai), jika terjadi banjir bandang, bukan saja PDAM yang mengalami kerugian karena terhentinya suplai air baku namun juga bisa terjadi banjir besar.“Oleh karena itu penghijauan ini sangat diperlukan untuk langkah preventif terhadap bahaya longsor dan banjir. Kegiatan ini juga dibantu Komunitas Bambu yang akan menyediakan bibit bambu sebanyak 250 bibit yang akan ditanam nantinya di sekitar Guo Kuranji,” ujarnya.

“Kita berharap Guo Kuranji ini bisa menjadi Pilot Project dan sebagai virus untuk di contohkan bagi kelurahan lain yang ada di kota Padang. ini dalam hal pelestarian sumber air bersih”, tambahnya. (*)

Check Also

Pengurus BPI KPNPA RI Jambi Dilantik, Berkontribusi Terhadap Pemberantasan Korupsi di Indonesia

Jambi (LN)–Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran (BPI KPNPA RI) sebagai lembaga independent …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *