Home / ---- / Pembangunan Jaringan Irigasi Guo Lb. Tampuruang Tuntas, Pendistribusian Kebutuhan Air Bisa Merata

Pembangunan Jaringan Irigasi Guo Lb. Tampuruang Tuntas, Pendistribusian Kebutuhan Air Bisa Merata

 Padang (LN)–Pemerintah Kota Padang terus berupaya untuk meningkatkan kesejahterakan masyarakat petani melalui pembangunan irigasi. Salah satunya dengan cara memenuhi kebutuhan air untuk sawah dan ladang agar tetap produktif.

Untuk mewujudkan itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Padang melalui program kerjanya berupaya untuk menyediakan tingkat ketersediaan dan pelayanan infrastruktur Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) yang andal. 

Diantaranya, melakukan peningkatkan kwalitas penggeloaan jaringan irigasi serta pemeliharaan jaringan irigasi yang ada di kota Padang, Sumatera Barat.

Pada tahun 2017 ini, Dinas PUPR Kota Padang sudah melakukan perbaikan terhadap jaringan irigasi seperti Jaringan Irigasi D.I Sungai Guo Lubuk Tempurung Kecamatan Kuranji (WISMP -APL 2).

Untuk Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I Sungai Guo (WISMP -APL 2) ini dikerjakan Cv. Ariza Karya. 

Irigasi Guo Lubuk Tempurung kini sudah berfungsi dan mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitarnya. Dengan tuntasnya pekerjaan tersebut, maka diharapkan bisa membantu pendistribusian air secara merata tepat waktu, tepat jumlah dan tepat sasaran kepada masyarakat.

Salah seorang masyarakat sekitar Lubuk Tempurung Kec. Kuranji, Nur (43) saat diminta tanggapannya terkait dengan pelaksanaan pembangunan rehabilitasi jaringan irigasi tersebut saat di jumpai mengungkapkan rasa senang dan terimakasih, karena sanggat membantu kebutuhan masyarakat. 

Menurutnya, kebutuhan air yang selama ini sering menjadi kendala bagi petani namun sejak adanya pembangunan jaringan irigasi ini mulai dirasakan manfaatnya.  Dan mudah-mudah akan berdampak baik bagi perekonomian para petani sini, harapnya. 

Dinas PUPR Kota Padang melalui Kabid SDA Kota Padang, Fadelan. F. Masta mengatakan,” Pembangunan jaringan irigasi ini guna meningkatan kapasitas institusi koordinasi dan pengelola sumber daya air (SDA) di sungai dan kinerja prasarana sungai dalam penyediaan air bagi masyarakat.”

Untuk irigasi di Guo Lubuk Tempurung sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja dan pelayananan pemberian air secara keberlanjutan, melalui sistem irigasi dan peningkatan produksi pertanian beririgasi pada wilayah sungai dan sistem Irigasi yang terpilih.

Dijelaskannya, Rehabilitasi jaringan irigasi bertujuan agar terpeliharanya kondisi dan fungsi jaringan irigasi sehingga meningkatnya ketersediaan air baku guna memenuhi kebutuhan masyarakat disekitarnya.

Ditempat terpisah, Pengawas Lapangan Dinas PUPR Kota Padang, Yusuf saat dijumpai mengatakan, “Pemasangan irigasi ini sudah empat kali dihanyutkan banjir, tapi Cv. Ariza Karya sebagai pihak pelaksana tidak menyerah dan tetap menyelesaikan proyek ini hingga tuntas. 

Dijelaskannya, adapun tujuan dilakukannya rehabilitasi jaringan irigasi ini sesuia dengan program WISMP-2 yakni untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan Sumber Daya Air wilayah sungai dan irigasi serta meningkatkan produktivitas pertanian di lahan beririgasi sehingga berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Pelaksanaan pekerjaan Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I Sungai Guo ( WISMP -APL 2 ) dikerjakan oelh CV. Ariza Karya dengan pagu anggaran sebesar Rp 1.310.601.000 dari dana APBD kota Padang TA. 2017, sedangkan Konsultansi Supervisi  yakni CV. Diwel Engineering Consultant. 

#Red/fit/ja

Check Also

TdS Etape.I Finish di Padang Mendapat Sambutan Meriah, Pembalap Jerman Tampil Sebagai Pemenang

PADANG (LN)–Balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) 2017 etape pertama dari Istano Basa Pagaruyung, Tanah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *