Home / ---- / Pemeriksaan Test Urine di LP Muaro Ricuh, 2 Orang Petugas Terluka

Pemeriksaan Test Urine di LP Muaro Ricuh, 2 Orang Petugas Terluka

PADANG (LN)–Pemeriksaan test urine yang digelar BNN provinsi Sumbar di Lapas Muaro, Padang, Rabu (16/3) berakhir ricuh. Akibatnya, Dua orang petugas BNN dikeroyok hingga mengalami luka-luka.

Kericuhan berawal ketika petugas melakukan pemeriksaan terhadap Narapidana di Kamar A-6.

Dikatakan Kepala BNN Sumbar, Ali Azhar, “Terjadinya keributan itu karena ada yang memprovokasi. Walapun demikian, kita sudah mengetahui siapa yang memprovakasi serta nama-nama yang terlibat bahkan kasus para pelaku pada insiden itu.

Selanjutnya, bagi yang terlibat akan diperiksa lalu diambil tindakan tegas,” papar Ali Azhar.

Dikatakan, provokasi ini terjadi, karena ada yang narapidana yang tidak mau menjalani pemeriksaan urine di kamarnya. “Akhirnya ada keributan, ada 2 yang luka ringan,” ungkap Ali Azhar.

Dalam test urine yang juga melibatkan personel Kemenkum HAM, TNI dan Polri tersebut, baru diketahui 16 orang narapidana yang positif menggunakan narkoba, sebelum terjadinya kericuhan. Sebelum kericuhan makin meluas, tim gabungan berserta BNN dievakuasi ketempat aman hingga suasana jadi reda.

Dugaan sementara, kericuhan ini terjadi akibat diprovokasi oleh seorang napi mantan hakim Tipikor yang tak terima kedatangan petugas BNN ke Lapas. Sebelum ricuh, tim gabungan baru menyelesaikan pemeriksaan urine terhadap 36 orang narapidana.

“Tim gabungan juga mengamankan satu paket kecil sabu dari dalam kamar A-7,” ungkap Ali Azhar.

Untuk Sumbar, terdapat lima Lapas. Kesemuanya, rata-rata telah over kapasitas. Khusus untuk Lapas Muaro Klas II Padang, kelebihannya mencapai angka 300 persen. (01/Vlr)

Check Also

Wawako Padang Sampaikan Nota Penjelasan 3 Ranperda

Padang (LN)–Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa menyampaikan Nota Penjelasan Wali Kota Padang tentang penyampaian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *