Home / BERITA TERBARU / Pemerintah Luncurkan 582 Kampung KB Tahun Ini
Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani (Foto: Aktual.co/Dok Aktual)

Pemerintah Luncurkan 582 Kampung KB Tahun Ini

Jakarta,(LN) — Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani menuturkan jika tahun ini pemerintah akan meluncurkan ratusan kampung Keluarga Berencana (KB).

Dilansir dari Aktual.com, “Ada 582 kampung KB akan di-lounching tahun ini,” kata Puan di Nusa Dua, Bali, Senin (25/1). Menurutnya, program kampung KB itu di bawah komando Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

“Itu garapan BKKBN di semua daerah terpencil, terdepan atau terbelakang,” jelas Puan.
Menurut dia, salah satu hal yang akan kembali digencarkan adalah program dua anak cukup. Ia mengakui hal tersebut merupakan tugas berat yang diemban oleh BKKBN.

“Kita tidak bisa menahan itu, karena itu tugas berat BKKBN. Karenanya tahun ini kembali digaungkan dua anak cukup, sehingga semua keluarga memiliki hak untuk bahagia dan sejahtera,” katanya.

Ia berharap stagnasi program itu KB seperti yang terjadi 10 tahun belakangan tak kembali terjadi. Menurutnya, tahun ini adalah batu loncatan bagi Indonesia untuk menghadapi bonus demografi.

“Jangan lagi terulang hal yang stagnan ini. Tahun ini adalah batu pijakan untuk membuat di tahun 2020-2030 KB lebih berhasil di Indonesia,” tegas dia.
Puan berharap pertemuan International Conference on Family Planning IV yang digelar di Nusa Dua dapat menghasilkan rekomendasi yang implementatif.

“Salah satunya adalah bagaimana KB bisa berjalan di semua negara, tidak hanya di Indonesia. Tapi dengan bonus demografi 2020-2030 ini akan bekerja keras buat kita semua. Tapi, bagaimana mengedukasi perempuan untuk mempunyai hak dalam menentukan pilihannya itulah yang terpenting,” tutup Puan.

Check Also

Kenali Prilaku Menyimpang Anak Dari Dini, Kementrian PP-PA Gelar Sosialisasi

Padang (LN)—Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (Kemen PP-PA RI) mengelar kegiatan sosialisasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *