Home / ---- / Pemko Padang Gelar Bimtek Manajemen Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan

Pemko Padang Gelar Bimtek Manajemen Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan

PADANG (LN)–Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Bagian Pembangunan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait Manajemen Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan di lingkungan pemerintahan setempat di Hotel Grand Inna Muara, Selasa (7/9).

Asisten II Pemko Padang, Eyviet Nazmar mewakili Wakil Walikota sewaktu membuka Bimtek tersebut mengatakan, kegiatan ini penting dilakukan, karena sangat dibutuhkannya pengayaan pengetahuan terkait pengadaan barang dan jasa khususnya bagi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) di masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“PPK dan PPTK mempunyai peranan yang sangat strategis dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di SKPD-nya masing-masing. Maka untuk itu, mereka harus diberikan pemahaman dan persamaan persepsi, selaku ujung tombak yang menentukan berhasil atau tidaknya suatu program pada SKPD,” ujarnya.

Eyviet melanjutkan, selama ini diakuinya masih ada ditemukan para pejabat yang belum paham atau merasa belum percaya diri untuk menjadi PPK, PPTK pada suatu kegiatan di SKPD-nya. Sehingga mengakibatkan, terjadinya keterlambatan dalam pelaksanaan pekerjaan, yang juga ditambah dengan masalah pergantian PPTK akibat adanya mutasi pejabat atau staf pada SKPD.

“Saya berharap, melalui Bimtek tersebut para peserta tidak hanya mendapatkan wawasan dan pemahaman, namun juga kesamaan persepsi terkait tugas dan tanggung jawabnya ke depan. Sehingga diharapkan, kegiatan pengadaan barang dan jasa yang dilakukan senantiasa berjalan sesuai dengan aturan dan koridor yang ada,” tukasnya.

Setelah itu Kepala Bagian (Kabag) Pembangunan Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Padang, Tri Hadiyanto menjelaskan tujuan Bimtek tersebut dalam rangka untuk menyamakan persepsi bagi PPTK, PPK dan anggota Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kota Padang dalam manajemen pelaksanaan kegiatan khususnya pengadaan barang atau jasa yang cendrung mengalami perubahan sesuai dengan kebutuhan.

“Dengan Bimtek ini diharapkan dapat menambah pengetahuan, wawasan dan pemahaman bagi peserta terkait pelaksanaan pengelolaan kegiatan pengadaan barang dan jasa,” sebutnya.

Adapun Terkait Bimtek, Tri menyebutkan Bimtek tersebut dilaksanakan selama dua hari Rabu-Kamis (7-8/9). Pesertanya terdiri dari 60 orang yang terdiri dari PPTK, anggota ULP, pejabat pengadaan dari 50 SKPD yang ada dilingkungan Pemerintah Kota Padang.

Sementara untuk nara sumber diantaranya Wakil Walikota Padang, Ir. H. Emzalmi, Dedi Yunaldi, ST dari Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI), Widya Prima Hatta, ST.MT dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Provinsi Sumatera Barat dan Yulianto dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah (LKPP). (David / Bustam/ Faisal)

Check Also

Wagub Sumbar Tinjau Kesiapan RSAM Bukittinggi dalam Penanganan Covid-19

Bukittinggi (LN)—Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit meninjau kesiapan sarana dan prasarana Rumah Sakit Ahmad Muchtar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *