Home / ---- / Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma 2018, Wujudkan dan Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga

Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma 2018, Wujudkan dan Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga

Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria Dt. Tumangguang Putiah, didampingi Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Agam, Ny. Vita Indra Catri dan Ny. Candra Trinda Farhan, membuka acara Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma Tahun 2018 Tingkat Kabupaten Agam, di Objek Wisata Muko-muko Maninjau, Rabu (21/3).

Pencanangan itu diawali dengan pemukulan Tambua oleh Wakil Bupati, Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Agam, Camat Tanjung Raya dan tokoh masyarakat Maninjau.

Wakil Bupati Trinda Farhan, mengatakan keberadaan gerakan PKK dengan 10 program pokoknya sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang menjadi mitra kerja pemerintah, dalam memberdayakan kesejahteraan keluarga.

“PKK merupakan mitra pemerintah dalam usaha mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga, apa yang telah dilakukan oleh PKK saat ini sudah sangat dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata wabup.

Ia menjelaskan dalam menjalankan program PKK tersebut, Dasawisma merupakan salah satu pelaksana dalam menggerakan program PKK dari tingkat jorong hingga kabupaten, dan dapat menyentuh kepada masyarakat dalam meningkatkan pendidikan, kesehatan dan ekonomi di masyarakatnya.

“Kami juga mengajak para kader agar senantiasa mengembangkan daya kreativitas, dan mampu menciptakan sebuah inovasi, termasuk membangun jaringan dan kemitraan dengan berbagai pihak agar upaya revitalisasi dasawisma yang lebih baik dapat segera terwujud,” tambahnya.

Wabup juga meminta agar walinagari mendukung penuh gerakan program PKK, karena sangat erat kaitannya dalam menggelorakan gerakan nagari madani. “Saya minta setiap walinagari untuk lebih besar menganggarkan dana nagarinya untuk PKK, karena PKK merupakan salah satu ujung tombaknya pembangunan,” pinta wabup.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Agam, Ny. Vita Indra Catri, menjelaskan Kelompok Dasawisma adalah Kelompok yang terdiri dari 10-20 rumah di dalam satu jorong yang diketuai oleh seorang ketua kelompok yang dipilih di antara 10-20 rumah tersebut.

Melalui Pencanangan Bulan Bakti Dasawisma hari ini, la berharap PKK kecamatan agar segera melakukan pencanangan yang sama di tingkat kecamatan, sehingga dalam Bulan Bakti Dasawisma satu bulan penuh ini, betul-betul bisa dilakukan pembinaan terpadu secara berjenjang dalam rangka menggerakkan Kelompok Dasawisma untuk lebih optimal.

Dari 3.974 Kelompok Dasawisma di Agam, sebanyak 1.559 Kelompok Dasawisma dapat diklasifikasikan sebagai Dasawisma kategori tumbuh dan berkembang.

“Kami berharap dalam kegiatan bulan bakti ini, klasifikasi Dasawisma tersebut bisa meningkat dari tumbuh menjadi berkembang dan dari berkembang meningkat menjadi Maju. Apabila hal ini dapat dilakukan, kami akan beri reward kepada kader PKK tersebut,” jelas Ny. Vita didampingi Wakil Ketua TP-PKK Agam, Ny. Candra Trinda Farhan.

Dalam kesempatan itu, juga di umumkan peringkat Dasawisma terbaik berdasarkan penilaian oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Agam. (IF/AMC)

Check Also

Sidangan Lanjutan Ismail Novendra, Saksi Ahli Dewan Pers : Wartawan Belum UKW Tetap Diakui Sebagai Wartawan

Padang (LN)—Kasus dugaan pencemaran nama baik yang dituduhkan pada Pemimpin Umum dan penanggungjawab Koran Jejak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *