Home / ---- / Penegakan Perda “Mandul”, Pol. PP Sumbar hanya “Pajangan”

Penegakan Perda “Mandul”, Pol. PP Sumbar hanya “Pajangan”

PADANG (LN)–Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diusulkan SKPD hingga bisa menjadi Peraturan Daerah (Perda) membutuhkan waktu yang lama serta biaya yang besar.

Berbagai tahapan dilalui supaya lahir aturan yang benar-benar bermanfaat bagi daerah tersebut.

Anehnya, setelah usulan Raperda “Gol” menjadi Perda, SKPD pengusung seakan “lepas tangan”. Perda tersebut dibiarkan jalan sendiri tanpa dikawal dalam pelaksanaanya. SKPD pengusung lempar tanggungjawab kepada Satuan Pol. PP yang masih meraba-raba kandungan pasal yang ada di dalam Perda tersebut.

Akibatnya, Perda yang sudah dibuat dengan biaya mahal melalui uang rakyat ini akhirnya “mandul” . Tupoksi Pol. PP Sumbar yang seharusnya sebagai penegak perda kini melenceng, hanya sebagai¬† “pajangan” untuk menjaga asset yang ada.

Hal ini terungkap ketika media ini melakukan konfirmasi kepada Plt. Kepala kantor (kakan) Satpol. PP Sumbar, Arfin Jamal beberapa hari lalu, diruang kerjanya, tentang pelaksanaan penegakan dan pengawasan Perda Sumbar.

Diakuinya, seyogyanya Pol. PP Sumbar melakukan penegakan perda yang ada, sesuai dengan tupoksi Satpol. PP, namun hal itu masih belum terlaksana secara maksimal, karena kurangnya koordinasi antara SKPD terkait sebagai pengusul Perda dengan Pol. PP.

Penegakan perda, tentunya tidak terlepas dari keterlibatan langsung dari SKPD terkait, sebab secara rinci butiran yang tertuang dalam perda dipahami oleh instansi tersebut. Sementara pemahaman Pol. PP mungkin tidak sejauh itu, sampai Arfin.

Selain itu, keterbatasan anggaran dan personil Pol. PP Sumbar yang hanya berjumlah 172 orang sehingga tidak bisa berbuat terlalu jauh, ungkap Arfin.

Sambungnya lagi, dari personil Pol. PP Sumbar baru mampu melakukan pengawasan terhadap asset vital milik pemprov sumbar, seperti kantor gubernur, rumah dinas dan perkantoran lainnya.

(Jr. Pratama/Fit)

 

Check Also

Kenali Prilaku Menyimpang Anak Dari Dini, Kementrian PP-PA Gelar Sosialisasi

Padang (LN)—Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (Kemen PP-PA RI) mengelar kegiatan sosialisasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *