Home / BERITA TERBARU / Penetapan Calon Gubernur Telah Di DPRD

Penetapan Calon Gubernur Telah Di DPRD

Kota Padang, LN – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar), Amnasmen mengatakan, pihaknya telah menyerahkan kelengkapan administrasi surat penetapan calon gubernur terpilih pada DPRD untuk diumumkan dalam sidang paripurna istimewa.

“Kita telah menetapkan calon gubernur terpilih pada Sabtu(23/1) dan sesuai aturan, pada hari yang sama diserahkan pada DPRD Sumbar. Karena secara administrasi masih ada surat yang kurang, maka kami lengkapi pada Senin (25/1). Sekarang, prosesnya berada di DPRD,” katanya di Padang, Rabu.
Menurut dia, sesuai aturan, Badan Musyawarah (Bamus) DPRD telah harus menjadwalkan pelaksanaan paripurna istimewa tiga hari setelah menerima surat penetapan dari KPU.
“Kita dengar, sudah ada jdwalnya,” kata dia.
Pimpinan DPRD Sumbar, Arkadius Dt Intan Bano membenarkan Bamus DPRD telah menjadwalkan paripurna istimewa dengan agenda membacakan hasil pengumuman penetapan pemenang pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumbar terpilih tersebut.
“Rencananya, paripurna tersebut akan digelar pada Jum’at (29/1),” katanya
Ia mengatakan, pengumuman pemenang pemilu gubernur merupakan kewajiban DPRD. Itu mengacu UU Nomor 8 Tahun 2015, UU Nomor 32 Tahun 2004 dan UU 23 Tahun 2014.
Menurutnya, setelah selesai diparipurnakan, maka DPRD Sumbar akan segera mengirimkan usulan pelantikan calon gubernur terpilih pada presiden melalui menteri dalam negeri.
Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Sumbar Reydonnyzar Moenek mengatakan, hingga saat ini semua prosedur pelaksanan pemilu di Sumbar berjalan dengan baik, termasuk juga untuk rencana paripurna istimewa pengumuman pemenang pemilu gubernur.
“Kita optimistis prosesnya di DPRD akan berjalan lancar,” katanya.(*/antara sumbar)

Check Also

Jalin Tali Kasih, IKW RI Kerjasama Humas Polda Sumbar Salurkan Bantuan Sembako

Padang (LN)– Ikatan Keluarga Wartawan (IKW-RI) Sumbar Bekerja sama dengan Humas Polda Sumbar dan Humas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *