Home / ---- / Pengolahan Emas Ilegal Resahkan Warga Jorong Taratak Dharmasraya, Limbah Masuk Ke Sumur Warga

Pengolahan Emas Ilegal Resahkan Warga Jorong Taratak Dharmasraya, Limbah Masuk Ke Sumur Warga

DHARMASRAYA, (LN) – Pengolahan emas illegal (Grondong), milik Azwar, akrap di panggil Ajo (50), terletak di Jorong Taratak, Nagari IV Koto Pulau Punjung, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, resahkan masyarakat, pasalnya air limbah pengelohan emas tersebut dugaan berat masuk kedalam sumur warga.

Sehingga, ulah pekerjaan grondong itu, beberapa orang warga mengungsi untuk mengambil air minum maupun mandi, karena air sumurnya keruh dan dimasuki limbah grondong bercambur air raksa, akibatnya bisa mematikan maupun penyakit kulit.

Salah seorang warga, Wen (32), didampingi istri Dika (29), warga setempat ketika di konfirmasi media Kamis (10/1), sekira pukul 11.00 Wib, mengatakan, benar ia beserta keluarga dan juga tetangganya sangat cemas memakai air sumurnya untuk keperluan sehari-sehari sehingga, mandi dan mengambil air minum meminta ke air sumur milik SMA 2 Pulau Punjung, dengan alasan air sumurnya sudah di masuki limbah olahan emas grondong itu.

” Sudah beberapa bulan belakangan ini air untuk minum dan mandi kita meminta air sumur SMA,” ungkap Wen.kpada media laksus

Harapan Wen, kepada pihak terkait untuk bisa mengambil tindakan tegas terhadap pelaku pengolahan emas illegal ini yang beroperasi di pemukiman padat masyarakat ini.

“Kita berharap pihak terkait untuk bisa menangkap pelaku grondong ini supaya ada efek jeranya,” kata Wen.

Menurutnya, saat ini meskipun alat grondong ini di bongkar oleh pemilik namun limbah-limbah ia beroperasi sebelumnya sudah masuk ke dalam sumur kami dan tetap tinggal racunnya.

Sementara, pemilik Grondong Ajo, membenarkan dirinya sudah kurang lebih 2 tahun belakangan melakukakn aktifitas pengolahan emas dengan menggunakan air raksa tanpa memikirkan efek negatif bagi warga lain.

“Benar grondong itu milik saya yang di gunakan untuk pengolahan atau pengambilan emas yang ada dalam lumpur maupun batu,” ujar pelaku dan juga pemilik toko emas Piala Indah di pasar baru pulau punjung ini.

(Dlooyd76)

Check Also

Mengungkit, Kasus Penyimpangan di RSUD Dr. Rasyidin Padang

Padang (LN)—Kasus penyimpangan yang terjadi di RSUD Dr. Rasyidin Kota Padang pada tahun 2015-2016 lalu, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *