Home / ---- / Peningkatan Kualitas Kawasan Batang Arau Padang Butuh Partisipasi dan Dukungan Masyarakat

Peningkatan Kualitas Kawasan Batang Arau Padang Butuh Partisipasi dan Dukungan Masyarakat

Padang (LN)—Kawasan Batang Arau sebagai salah satu daerah di kota Padang miliki potensi yang cukup besar.

Namun potensi yang ada, belum tergarap sebagamana mestinya.

Secara geografis, Batang Arau berada dikawasan strategis, berada antara Batang muara serta bukit Gado gado.

Batang Arau memiliki banyak sejarah, cerita serta panorama nan elok. Apabila semua itu dikemas dengan baik, tentunya dapat menjadi objek wisata yang dapat menarik. wisatawan untuk datang berkunjung.

Kawasan Batang Arau terbilang cukup padat penduduk, dengan mayoritas berprofesi sebagai nelayan, berdagang dan buruh.

Batang Muara saat ini membutuhkan sentuhan pembangunan untuk menggali potensi yang terpendam tersebut.

Melalui pembangunan, tentunya berdampak terhadap pertumbuhan perekonomian masyarakat sekitarnya serta mendatangkan kontribusi bagi daerah.

Menyingkapi kondisi itu, pada tahun 2018 ini Pemerintah pusat bekerjasama dengan pemerintah daerah sudah mengucurkan bantuan untuk melakukan pembenahan terhadap kawasan Batang Arau Padang melalui Kementrian pekerjaan umum Tata Ruang (PUPR), Direktorat Cipta karya, Satker Pembangunan pemukiman (Bangkim) provinsi Sumbar.

Peningkatan kualitas kawasan pemukiman kumuh Batang Arau ini menelan anggaran sebesar Rp25.483.200.000

Kasatker Pembangunan Pemukiman (Bangkim) Provinsi Sumbar, Zuherman mengatakan, sebagaimana menjadi prioritas Kementrian PUPR Dirjen Bina Marga melalui Satker Bangkim Sumbar secara berkesinambungan melakukan penataan terhadap kawasan kumuh perkotaan di Sumbar.

Dan pada tahun 2018 ini, kawasan Batang Arau Padang masuk dalam prioritas dan program Satker Bangkim Sumbar.

Sementara itu, Lurah Batang Arau, Khairul mengucapkan terimakasih atas perhatian pemerintah pusat memberikan bantuaannya, melakukan pembangunan kawasan Batang Arau Padang.

Sedangkan pelaksana pekerjaan pembangunan Peningkatan kualitas kawasan pemukiman kumuh Batang Arau, PT. Mari Bangun Nusantara (MBN) selaku pemenang tender yang ditunjuk melalui www.lpse.pu.go.id menyatakan komitmennya.

Melaksanakan pekerjaan dengan sebaik baiknya sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan merupakan target yang hendak dicapai.

Mengedepankan profesionalisme guna mendapatkan standar mutu yang diinginkan, ucap Penanggungjawab lapangan PT. MBN Yani Suryata didampingi staf teknik Serly Nadra kepada media www.laksusnews.com.

Demi kelancaran pembangunan, maka PT. MBN selalu melakukan koordinasi dengan semua pihak.

Menurutnya, Suksesnya pembangunan tentunya tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi masyarakat serta instansi terkait lainnya.

Seperti diketahui, Batang Arau merupakan kawasan padat penduduk sehingga perlu adanya pendekatan secara intent dengan masyarakat sekitar untuk menghindari gesekan, jelasnya.

Disampaikannya juga, Ada beberapa pekerjaan yang dilakukan perubahan (addendum) karena harus disesuaikan dengan kondisi yang ada dilapangan yang ada.

Seperti penggunaan paving menjadi beton. Apabila hal itu dipaksakan maka paving blok tersebut lama-lama akan tergerus oleh air, sehingga perlu diganti dengan beton untuk

Peningkatan kualitas kawasan pemukiman kumuh Batang Arau ini merupakan program pemerintah dalam rangka meningkatkan, memajukan serta menata kawasan
sehingga menjadi pemukiman masyarakat yang bersih dan sehat.

Adapun item pekerjaannya terdiri dari Pendistrian jalan utama, plat duicker, ruas jalan, saluran, toilet, lampu hias pendistrian dan bak sampah.

Sebagai perusahaan yang memiliki pengalaman di bidangnya, PT. MBN optimis dapat menyelesaiakan pekerjaan sesuai dengan waktu yang sudah diberikan, sebut Yani yakin.

#Fit

Check Also

KPU Sumbar Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi DPS

Padang (LN)—Dalam rangka penyelenggaraan Pemilihan Umum tahun 2019 Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Komisi Pemilihan Umum …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *