Home / ---- / Museum Aditiyawarman Terbukti Berperan Nyata, Pemprov Sumbar Harus Berikan Perhatian Serius

Museum Aditiyawarman Terbukti Berperan Nyata, Pemprov Sumbar Harus Berikan Perhatian Serius

PADANG (LN)—-Salut, itulah ungkap yang tepat. Museum Aditiyawaraman Sumbar yang sebelumnya sepi penggunjung karena dianggap sebagai tempat yang seram, horor dan menakutkan, namun sekarang berubah menjadi tempat yang nyaman untuk bermain dan belajar (edukatif). Museum Aditiyawarman Sumbar berhasil menyingkirkan paradigma ortodok yang ada di tengah masyarakat.

Perubahan ini, memberi dampaknya yang sanggat luar biasa. Hasilnya,  kunjungan masyarakat ke museum meningkat drastis. Terbukti,  pencapaian target pendapatan Museum Adityawarman Sumbar melambung tinggi hingga melampaui batas yang ditetapkan.

Seperti di tahun 2016 ini, Museum Aditiyawaran Sumbar yang diberikan target sebesar Rp87 juta, sudah berhasil menembus sekitar Rp105 juta dari penjualan tiket, terhitung hingga bulan Oktober 2016, atau 121,21 persen.

Hebatnya lagi, pendapatan tersebut akan terus bertambah hingga akhir tahun 2016 dari pendapatan sewa gedung, jelas kepala UPT. Museum Adityawarman Sumbar, Noviyanti kepada media ini.

Dari pencapaian prestasi yang diperoleh selama ini, hendaknya menjadi patokan bagi pemerintah. Dengan memberikan perhatian berupa support anggaran yang memadai sehingga sasaran yang dituju dapat berjalan dengan baik sebagaimana diharapkan, ucap Noviyanti yang akrab disapa Bundo.

Disampaikannya juga, Atraksi Budaya 2016 sebagai salah satu program UPT. Museum Adityawarman Sumbar, ternyata berhasil mendorong masyarakat untuk datang berkunjung ke museum. Pada acara tersebut, setiap kabupaten/kota di Sumbar diberikan kesempatan untuk menampilkan seni dan budaya yang ada di daerahnya masing-masing.

Seperti yang terlihat, saat pelaksanaan Antraksi Budaya Ke-9, Sabtu sore (12/11) menampilkan seni dan budaya dari Payakumbuh, antusias peserta dan penonton sanggat tinggi. Meskipun diguyur hujan, pertunjukan tetap berlangsung. Semangat mereka tidak kendor walaupun hujan melanda membasahi tubuh.

Fungsi Museum Sebagai Sarana Edukasi Semakin Terlihat Nyata

Ditempat terpisah, salah seorang masyarakat pengunjung Museum Aditiyawarman Sumbar, Erna saat diminta pendapatnya tentang kondisi museum saat ini, Sabtu (12/11) mengatakan, “Salut terhadap penggelolaan yang ada sekarang”.

“Kondisi museum saat ini jauh lebih baik dibandingkan dengan beberapa tahun silam. Dulu museum ini terlihat seram dan menakutkan dan jarang penggunjung yang datang, namun sekarang jauh berbeda. Museum Adityawarman terlihat selalu ramai penggunjung, bahkan berbagai event  sudah sering digelar disini.

Menurutnya, “Fungsi museum sebagai sarana edukatif semakin terlihat secara nyata. Terjadinya hal ini tentunya tidak terlepas dari pemikiran maju dari pihak penggelola (red, UPT. Museum Adityawarman Sumbar).

Melihat perkembang dan kemajuan ini, maka wajar dan sanggat pantas pemerintah memberikan perhatian serius dengan menambahkan alokasi anggaran untuk mendukung kemajuan museum ini, sampai Erna. (fit)

Check Also

Pjs. Wako Padang Bersama Kapolda Sumbar Komit Tingkatkan Sinergitas dan Netralitas Pilkada Serentak

Padang (LN)–Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Padang, Drs. Alwis mengikuti Upacara Gabungan antara TNI, Polri dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *