Home / ---- / Perbaikan Jembatan Pasia Nan Tiga Kec. Koto Tangah Kota Padang Telan Dana Rp4,7 Milyar

Perbaikan Jembatan Pasia Nan Tiga Kec. Koto Tangah Kota Padang Telan Dana Rp4,7 Milyar

Padang (LN)–Perbaikan jembatan Pasia Nan Tiga Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, Sumatera Barat yang putus akibat banjir bandang pada tahun 2016 silam, kini mulai diperbaiki

Pembangunan jembatan ini sangat diharapkan masyarakat karena menjadi  akses vital penghubung .

Hal itu disampaikan Sekretaris Komisi IV DPRD Sumatera Barat, Taufik Hidayat beberapa hari lalu kepada wartawan di Padang.

Alhamdulillah, setelah diperjuangkan dana perbaikan jembatan Pasia Nan Tiga Kecamatan Koto Tangah Kota Padang akhirnya dikucurkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Satker Pemeliharaan Jaringan Sumber Air (PJSA) Sumatera VI Prov. Sumbar.

Pemerintah pusat telah mengucurkan dana sebesar Rp4,745 miliar dari APBN TA.2018.

Pengerjaan pembangunan jembatan sudah dimulai sejak April 2018 dan sampai saat ini masih berjalan. Adapun kontraktor pelaksana dipercayakan kepada PT Amar Permata Indonesia (API) dengan jangka waktu pengerjaan selama 210 hari kerja, jelasnya.

Kita berharap mengerjakan jembatan ini sesuai dengan mutu dan kualitas yang diharapkan sehingga bisa tahan lama dan tidak mudah rusak.

Sebelumnya Ketua RW IX Kelurahan Pasia Nan Tigo,Kecamatan Koto Tangah Padang Jamaludin BE pernah menemui Komisi IV DPRD Sumbar terkait persoalan ini. Masyarakat mengeluh karena sejak rusaknya jembatan ini membuat akses masyarakat terhambat dan menggunakan jembatan darurat yang hanya dapat dilalui kendaraan roda dua.

Jembatan ini diresmikan pada 2014 kemudian diterjang banjir bandang yang melanda kawasan tersebut.

“Jembatan ini putus dan sisi tebingnya runtuh akibat banjir bandang Maret 2016 dan merupakan akses utama ribuan warga yang ada di daerah tersebut,” katanya.

Sebelumnya pengunjung Objek Wisata Pantai Pasia Jambak Padang mengharapkan jembatan penghubung yang rusak di daerah tersebut dapat diperbaiki.

“Akibat jembatan tersebut rusak kami terpaksa harus memutar jalan melewati daerah Padang Sarai,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Medi Iswandi mengatakan untuk menunjang kegiatan pariwisata, pihak PU Kota Padang sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR provinsi Sumbar.

Jembatan tersebut sudah putus selama lebih kurang dua tahun dan Pemko Padang sudah mengusulkan untuk memperbaikinya, ucapnya.

Perbaikan jembatan kewenangannya ada di provinsi, dan pengusulan perbaikannya sudah dilakukan sejak lama,” kata dia

 

Red/Fit

Check Also

Dicurigai, Penggunaan Besi Non SNI, Non Full dan Besi Banci Marak di Sumbar

Padang (LN)—Kekuatan struktur bangunan sanggat ditentukan oleh material yang digunakan. Struktur bangunan akan kuat dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *