Home / ---- / Perbaikan Sapras Umum Rp800 juta dari Aspirasi Dewan

Perbaikan Sapras Umum Rp800 juta dari Aspirasi Dewan

BATANG ANAI (LN)–Masyarakat Kabupaten Padang Pariaman tahun ini boleh bergembira. Sebab, melalui wakil rakyat yang mereka pilih tersedia alokasi dana untuk perbaikan sarana dan prasarana umum. Masing-masing anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) memperoleh dana aspirasi atau buah pikiran sebesar Rp800 juta.

Informasi itu diungkapkan Komisi I DPRD Padang Pariaman Syahrul Dt Bandaro Sati alias Syahrul Dt Lung S Sos kepada sewaktu mendampingi Tim Teknis Dinas Pekerjaan Umum melakukan pengukuran berapa ruas jalan pada tiga kenagarian di Kecamatan Batang Anai, Selasa (16/2). Wakil rakyat dari Partai Golkar ini turun langsung memantau pengukuran dan berintegrasi dengan masyarakat.

Objek pertama yang menjadi lokasi pengukuran adalah ruas jalan pemukiman sekaligus menuju masjid di Korong Talao Mundam, Kenagarian Katapiang. Setelah itu menuju Korong Kabun dan Korong Kasai di Kenagarian Kasang. Terakhir mengukur ruas jalan yang hendak ditingkat statusnyadi Korong Salisiakan, Kenagarian Sungai Buluh.

Kepada Tim Teknis Dinas PU – Redian dan El Azwir – mengusulkan sistem perbaikan ruas jalan dengan rabbat beton. Sebab, meski dilaksanakan oleh rekanan kontraktor, sistem tersebut akan menyerap tenaga kerja. “Kami akan menyarankan kepada rekanan kontraktor supaya memperioritaskan masyarakat setempat sebagai tenaga kerja,” cetus Dt Lung sembari menambahkan,perbaikan ruas-ruas jalan tersebut akan memperlancar prasarana lalulintas warga serta memudahkan pengangkutan hasil pertanian.

Selain mengalokasikan untuk memperbaiki keempat ruas jalan itu, lanjut dia, Syahrul juga mengalokasikan bagian dari dana aspirasi itu untuk pembangunan satu unit toilet pada Sekolah Dasar di Korong Kampung Jambak, Kasang. “Walaupun saya orang Katapiang dan berdomisili di Katapiang pula, saya mengalokasikan 75 persen dana aspirasi itu untuk Kenagarian Kasang dan Kenagarrian Sungai Buluh,” katanya lagi.

Meskipun dana aspirasi anggota DPRD Padang Pariaman tahun jauh meningkat dibanding tahun 2015 yang hanya Rp200 juta, menurut Syahrul, ternyata belum mampu memenuhi aspirasi masyarakat yang dia wakili. Mengetahui ada kegiatan pengukuran ruas jalan yang hendak diperbaiki, banyak tokoh masyarakat yang mendatangi politisi yang sedang menyelesaikan Program Magister di satu universitas di Kota Padang ini. Mereka meminta agar ruas jalan di lingkungan pemukiman mereka juga diperbaiki.

Sebagai contoh, seperti pengamatan di Kampung Tong Blau, Kenagarian Kasang, terdapat sekitar 2 km jalan yang masih berupa pengerasan dengan tanah dan kerikil. Padahal, jalan itu merupakan urat nadi perhubungan masyarakat setempat. Namun, sesuai ketersediaan dana aspirasi Dt Lung, tahun ini baru sekitar 350 meter yang akan di-rabbat beton.

Menanggapi hal itu, Syahrul menyatakan, pembangunan tidak mungkin dilaksanakan sekali jadi mengingat keterbatasan kemampuan keuangan daerah. Meskipun demikian, ia menegaskan akan memperjuangkan aspirasi masyarakat kepada pihak pemerintah. Bukan hanya prasarana jalan, melainkan juga prasarana umum lainnya serta prasarana sosial. Ia pun meminta masyarakat memelihara semua prasarana supaya tahan lama. (*)

Check Also

Jalin Tali Kasih, IKW RI Kerjasama Humas Polda Sumbar Salurkan Bantuan Sembako

Padang (LN)– Ikatan Keluarga Wartawan (IKW-RI) Sumbar Bekerja sama dengan Humas Polda Sumbar dan Humas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *