Home / ---- / Peringatan 24 Tahun Lubuk Basung Ibu Kota Kabupaten Agam

Peringatan 24 Tahun Lubuk Basung Ibu Kota Kabupaten Agam

LUBAS (LN)–Hari ini 24 tahun yang lalu, merupakan hari kepindahan Ibu Kota Kabupaten Agam dari Bukittinggi ke Lubuk Basung, tepatnya tanggal 19 Juli 1993, yang menjadikan sebuah momen sejarah bagi Kabupaten Agam.

Berbagai upaya telah dicapai, yang dapat dijadikan sebagai tolok ukur perubahan ke arah yang lebih baik, seperti disampaikan Trinda Farhan Satria dalam sambutannya.

Kota Lubuk Basung setiap tahun selalu mengalami perubahan di bidang pembangunan infrastruktur, sehingga pusat pemerintahan itu menjadi tercelak. Ia menjelaskan, pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan seperti, sport center di Bukit Bunian, yang merupakan lapangan sepak bola dengan standar nasional, Komplek Gelangang Olahraga (GOR) Rang Agam, yang terus dilengkapi dengan fasilitas olahraga, seperti lapangan basket, lapangan futsal, volyball, lapangan bola, jogging track, taman bermain, yang saat ini sebagai lokasi yang digemari masyarakat Lubuk Basung dalam mengisi waktu untuk kegiatan olah raga dan rekreasi keluarga.

Kemudian, pembangunan tugu yang terletak di jantung Lubuk Basung sebagai ikon kota, pembangunan perumahan bersubsidi, dan rumah susun sewa di Tengkong – Tengkong, peningkatan sarana prasarana jalan di Kota Lubuk Basung dari aspal lapen menjadi aspal hotmix, dan trotoar.

Lalu, pembangunan secara bertahap Pasar Inpres Padang Baru sebagai pasar respresentatif, dengan tetap memperhatikan keberadaan para pedagang tradisional, penataan bangunan komplek perkantoran dengan pola super blok, yang mampu memacu peningkatan kualitas pelayanan publik, serta penataan kota yang lebih teratur, indah, dan terencana.

Selain itu, perbaikan Masjid Nurul Falah Lubuk Basung sebagai pusat kegiatan syiar Islam. membenahi kantor DPRD, pemasangan lampu jalan sebagai penerangan umum di kawasan Lubuk Basung, seta pembangunan lapangan tenis indoor.

“Ke depan kita juga akan membangun beberara gedung lagi, di antaranya gedung pertemuan representatif, yang dapat digunakan untuk acara-acara resmi dan sosial kemasyarakatan lainnya,” katanya.

Atas keberhasilan pembangunan itu, Pemkab Agam meraih berbagai prestasi, baik tingkat provinsi maupun nasional, dengan rata-rata setiap tahun sekitar 170 prestasi, salah satunya keberhasilan Kota Lubuk Basung meraih Wahana Tata Nugraha (WTN) sebagai penghargaan tertib lalu lintas.

Dalam bulan ini Bupati Agam Indra Catri juga meraih penghargaan Satyalancana Pembangunan atas keberhasilan membangun perekonomian masyarakat Kabupaten Agam di bidang Koperasi dan UKM, yang diserahlan lansung oleh Presiden RI Joko Widodo pada Peringatan Hari Koperasi Nasional 2017 di Makasar, Kesuksesan pembangunan dan berbagai prestasi itu, tidak terlepas dari peran serta masyarakat, termasuk masyarakat Lubuk Basung.

“Ke depan, kita juga membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat untuk pelebaran jalan Simpang Gudang menuju Padang Lua. Saat ini masih terkendala pada pembebasan lahan sub ruas dari Simpang Gudang sampai Balai Selasa, yang telah diawali sejak 10 tahun lalu,” katanya.

Selain pembangunan infrastruktur, Pemkab Agam juga telah melakukan program penanggulangan kemiskinan antara lain, program asistensi sosial lanjut usia, asistensi sosial penyandang disabilitas, pemberian beras sejahtera bagi masyarakat berpenghasilan rendah, dan lainnya.

“Kita juga melahirkan inovasi tentang Nagari Madani, untuk percepatan terwujudnya Agam Madani, seperti yang termuat dalam Visi Rencana Program Jangka Panjang (RPJP) Kabupaten Agam, diatur dalam Peraturan Bupati Agam Nomor 74 Tahun 2016” katanya.

“Kepada seluruh lapisan warga lubuk basung saya mengucapkan rasa terima kasih atas peran sertanya dalam membangun Lubuk Basung menjadi sebuah Ibu Kota Kabupaten, sesuai dengan tema peringatan kali ini Dengan Semangat Bersama Kita Membangun Daerah,” lanjut Trinda Farhan mengakhiri sambutannya.

Upacara diikuti oleh unsur pimpinan DPRD Kabupaten Agam, Unsur MUSPIDA Plus, Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten, Kepala Badan, Dinas dan Kantor lingkungan Pemerintah Agam, camat se-Kabupaten Agam,wali nagari dan wali jorong se-Kecamatan Lubuk Basung, serta tokoh masyarakat se- Kacamatan Lubuk Basung.

Usai pelaksanaan upacara dilakukan penyerahan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Nagari sebesar Rp100.000.000, untuk dana pendidikan, yang diserahkan Kepala Cabang Bank Nagari Lubuk Basung kepada Wakil Bupati Agam.

Selanjutnya acara diisi dengan pawai jamba yang diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forkompimda, BUMN, BUMD, Bundo Kanduang Nagari se Kacamatan Lubuk Basung, ditutup dengan makan bajamba oleh seluruh peserta upacara di Aula Kantor Bupati Agam. (*)

Check Also

Peduli Kemajuan Sumbar, Syamsu Rahim Maju Jadi Caleg DPR RI Partai

Padang (LN)–Calon legislatif (Caleg) DPR RI Drs.Syamsu Rahim lakukan temu ramah dengan pulahan wartawan dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *