Home / ---- / Peringatan Hari Kebebasan Pers Sedunia, Indonesia Jadi Tuan Rumah

Peringatan Hari Kebebasan Pers Sedunia, Indonesia Jadi Tuan Rumah

Jakarta (LN)—SIDANG umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) 1993 menetapkan 3 Mei sebagai hari Kebebasan Pers Sedunia. Penetapan dilakukan untuk memperingati prinsip dasar kemerdekaan pers, mengevaluasi kebebasan pers sedunia, mempertahankan media dari serangan terkait kebebasan tersebut, dan menghormati para jurnalis yang meninggal dunia saat menjalani kerja jurnalistik.

“Wartawan pergi ke wartawan pergi ke tempat-tempat berbahaya untuk menyuarakan mereka yang tidak bisa bersuara. Pekerja media mengalami pembunuhan karakter, pelecehan seksual, penjara, cedera, bahkan kematian,” tutur Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, mengutip dari situs resmi UNESCO, Rabu (3/5/2017).

“Kita butuh para pemimpin untuk melindungi kebebasan media. Hal ini penting untuk melawan munculnya informasi yang salah. Kita butuh semua orang untuk mempertahankan hak untuk memperoleh kebenaran. Saya meminta hentikan kekerasan terhadap jurnalis,” sambung mantan Perdana Menteri Portugal itu.

Antonio Guterres menambahkan, kebebasan pers membawa perdamaian dan keadilan bagi semua orang. Ketika para jurnalis terlindungi saat melakukan kerjanya, maka akan ada kata-kata dan gambar-gambar yang dapat mengubah dunia kelak.

(rfa)

Check Also

Pawai HUT Kemerdekaan RI ke-72 Dharmasraya, Sajikan Berbagai Parade dan Kostum

DHARMASRAYA,(LN)–Masyarakat nagari amapangkuranji dan sekitarnya tumpah ruah di Jalan poros nagari, tepatnya di depan Kantor …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *