Home / ---- / Pers Kawal Pembangunan, Sebagai Laporan Ke Publik

Pers Kawal Pembangunan, Sebagai Laporan Ke Publik

Dibuat oleh : FITRAHTUL HAYAT DJOHOR (Pimpinan Redaksi Media Laksus News)

 

PERCEPATAN PEMBANGUNAN sebagaimana ditargetkan pemerintah harus didorong sepenuhnya oleh masyarakat sehingga dapat terealisasikan dengan baik.

Salah satu cara, masyarakat harus ikut serta melakukan “pengawalan” terhadap pelaksaan kegiatan/pekerjaan pembangunan yang tengah dilaksanakan.

Meskipun secara teknis untuk pengawasan pelaksana pekerjaan sudah ada ditangan Dinas/OPD/SATKER bersama konsultan pengawas (supervisi).

Ternyata masih didapati pekerjaan pembangunan yang amburadul, tidak sesuai dengan spesifikasi teknis sehingga jauh dari mutu yang diharapkan.

Terjadinya hal itu, akibat keterbatasan ruang dan waktu OPD/Dinas/SATKER selaku pengelola kegiatan serta lemahnya fungsi konsultan pengawas (supervisi) di lapangan.

Untuk membantu keterbatasan tersebut, maka masyarakat selaku “wajib pajak atau penyumbang pembangunan” juga harus ikutserta mengambil perannya demi terwujudkannya hasil pembangunan yang maksimal.

Sehingga, Pembangunan yang sudah direncanakan bisa bermanfaat dan berguna sesuai peruntukannya.

Melihat kondisi itu, maka Pers sebagai salah satu “lembaga control” yang bersifat independen harus tampil kedepan, mengawal pelaksanaan pembangun yang ada.

Dan salah satu upaya untuk itu, maka MEDIA LAKSUS NEWS menyediakan “Rubrik Khusus” sebagai laporan realisasi pembangunan kepada publik.

Disini, pelaksanaan kegiatan pembangunan akan dikupas secara dalam. Menyorot tentang berbagai hal terkait dengan pelaksanaan pekerjaan pembangunan, mulai dari administrasi, tenaga kerja, peralatan, material (bahan) hingga cara kerja.

Dalam menjalankan tugasnya, Pers tentunya haruslah berpedoman kepada kode etik pers dan UU Pers, melakukan koordinasi dan konfirmasi kepada sumber sumber lainnya.

 

Check Also

Hari Bhakti PUPR ke-73 di Sumbar, Kerjasama dan Kekompakan Kunci Suksesnya Pembangunan Insfrastruktur

Padang (LN)–Untuk dapat menyelesaikan tugas pembangunan infrastruktur, maka insan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *