Home / ---- / Pertahankan Mutu Jalan dan Jembatan, Pengawasan Perlu Dioptimalkan

Pertahankan Mutu Jalan dan Jembatan, Pengawasan Perlu Dioptimalkan

Palembang (LN)–Keberadaan infrastruktur yang memadai sangat diperlukan seperti halnya infrastruktur jalan dan jembatan. Karena salah infrastruktur yang paling sering dipergunakan masyarakat adalah jalan dan jembatan.

Jalan dan jembatan juga memiliki fungsi yang sangat besar untuk aktifitas sehari-hari, karena itu sangat dibutuhkan kondisi jalan dan jembatan yang sesuai dengan harapan masyarakat.

Pengawasan jalan dan jembatan merupakan kegiatan yang berkaitan dengan perawatan, perbaikan dan monitoring jalan dan jembatan. Pekerjaan pengawasan ini diperlukan dan direncanakan untuk mempertahankan kondisi jalan dan jembatan agar tetap berfungsi secara optimal dalam melayani lalu lintas sesuai umur rencana jalan dan jembatan yang ditetapkan.

Oleh karena itu, Balai Diklat PUPR II Palembang mengadakan Diklat Pengawasan Pekerjaan Jalan dan Jembatan Tingkat I pada tanggal 02 – 10 Oktober 2017 di Kota Palembang, yang dibuka langsung oleh Kepala Balai Diklat Wilayah II Palembang – Teuku Faisal Riza, dan dihadiri oleh Plt. Kasi Penyelenggara – Herlina, Plt Kasi Program dan Evaluasi – Dwi Daily Leli Sari, dan Widya Iswara – Ir. Setia Budi, serta diikuti peserta sebanyak 35 orang, yang berasal dari lingkungan Ditjen. Bina Marga serta Dinas PUPR yang berada di bawah wilayah Balai Diklat PUPR Wilayah II Palembang.

Dalam pidatonya Faisal berkata, “Tujuan pengawasan dalam konstruksi jalan dan jembatan yaitu pengendalian pelaksanaan pekerjaan lapangan agar pelaksanaan pekerjaan tersebut sesuai dengan rencana mutu, biaya dan waktu serta sasaran kinerja yang telah ditetapkan di dalam kontrak jasa konstruksi.

Fungsi dasar pengawasan adalah membentuk sistem pengamanan untuk penerapan desain/ rencana dan spesifikasi teknik dalam pelaksanaan suatu pekerjaan supaya dapat berjalan sesuai dengan sasaran yang diharapkan”.

Kegiatan diklat yang dilaksanakan oleh Balai Diklat PUPR Wilayah II ini tidak hanya dilaksanakan di ruang kelas namun juga ada jadwal kunjungan ke lapangan serta ada pula seminar. Pemateri diklat berasal dari Pejabat Fungsional, serta Widyaiswara dari BPSDM Kementerian PUPR.

Para peserta Diklat ini diharapkan untuk menjadi pengelola pembangunan PUPR yang handal dan berkompeten, berwawasan luas serta harus mampu memberikan kontribusi yang optimal dalam mendukung sasaran pembangunan yang telah ditetapkan sesuai dengan peraturan yang berlaku. (Balai II)

Check Also

Berikan Pelayanan Maksimal Kepada Masyarakat, Gedung Penyuluhan KB Kec. Padang Utara Dibangun

PADANG (LN)—Kantor camat Padang Utara kini semakin lengkap dengan dibangunannya gedung penyuluhan Keluarga Berencana (KB). …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *