Home / ---- / PJ GUBERNUR BERIKAN BANTUAN BENCANA ALAM SOLSEL

PJ GUBERNUR BERIKAN BANTUAN BENCANA ALAM SOLSEL

SOLSEL (LN)—Memenuhi kebutuhan makanan para korban bencana banjir dan longsor yang berada di lokasi terisolir di Solok Selatan, PJ Gubernur Sumatera Barat Reydonnyzar Moenek meminta bantuan helikopter Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Padang.

Selain itu Gubernur juga menhubungi Danrem 032/Wirabraja agar TNI dapat membantu pembangunan Solok Selatan memlalui karya bhakti TNI. “ kita akan upayakan bantuan melalui helikopter dari BNPB dan Lanud Padang guna menyebarkan bantuan logistik ke daerah daerah terisolir,” ucap Donny ketika menghunjungi lokasi bencana alam banjir dan longsor di Kabupaten Solok Selatan, kemaren (10/2).

Pada kesempatan itu, Donny juga memberikan bantuan kepada korban bencana banjir dan longsor seperti makanan siap saji, selimut dan obat-obatan. Ia datang didampingi Istri, PLT Kalaksa BPBD Sumatera Barat Zulfiatno, Kepala Prasjal dan Tarkim dan dinas terkait.

Dalam perjalanan menuju lokasi, rombongan Pj Gubernur di hadang longsoran yang cukup mengunung menimbun badan jalan di daerah Lolo Surian Pantai Cermin Kabupaten Solok, sehingga rombongan berpindah kendaraan memakai mobil dinas Pemkab Solsel.

Perjalanan terus dilanjutkan menuju Posko bencana alam banjir dan longsor di daerah Pasar Muaro Labuh yang disambut Pj Bupati Solok Selatan Erizal.

“ Korban longsor dan banjir sebanyak 1500 KK dan luas sawah yang dihantam banjir 649 hektar. Akibat bencana alam ini 5 orang meninggal dunia, 1 orang hilang masih dilakukan pencaharian,” ujar Erizal. Selain itu, jalan dan jembatan juga rusak termasuk sarana dan prasana lainnya,” tambahnya.

Menyikapi itu, PJ Gubernur meminta untuk jalan nasional yang rusak agar dibantu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, jembatan gantung direhabilitasi oleh Bina Marga Sumbar dan jembatan Pakan Selasa diperbaiki Pemkab Solsel.

Pada kesempatan itu, PJ Gubernur juga meninjau pengerukan aliran Sungai Batangbangko, nagari lolo, kecamatan Sungai Pagu yang meluap akibat banyak terdapat material longsor.

Selain itu, gubernur juga melihat persediaan air bersih yang dibagikan melalui mobil tangki, dan meninjau jembatan yang rusak di nagari Kapau. Kecamatan Pauhduo akibat banjir pekan kemaren, mencapai atap rumah warga, listrik dan air pun masih padam.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga ke RSUD Solsel melihat korban longsor Andi, (10 Thn)

Dan ibunya Juniarti. Dua anggota keluarga Juniarti meninggal tertimbun longsor. Dan hanyut bersama rumahnya. “ Seluruh biaya rumah sakit korban di tanggung oleh Pemkab Solsel,” katanya.
(Humas Sumbar)

Check Also

Jalin Tali Kasih, IKW RI Kerjasama Humas Polda Sumbar Salurkan Bantuan Sembako

Padang (LN)– Ikatan Keluarga Wartawan (IKW-RI) Sumbar Bekerja sama dengan Humas Polda Sumbar dan Humas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *