Home / ---- / PJN.1 Sumbar Lakukan Preservasi Jalan dan Jembatan, Upaya Menjaga Kondisi Ruas Jalan Tetap Stabil

PJN.1 Sumbar Lakukan Preservasi Jalan dan Jembatan, Upaya Menjaga Kondisi Ruas Jalan Tetap Stabil

Padang (LN)—Kondisi jalan yang ada terus dijaga agar tetap stabil sehingga ruas jalan yang berpotensi akan terjadinya longsor dapat teratasi.

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Direktorat Jenderal Bina Marga (BM), melalui Satker Prlaksana Jalan Nasional (PJN) Wilayah. 1 provinsi Sumatera barat (Sumbar) melakukan pemeliharaan rutin jalan dan jembatan nasional yang ada di Sumbar.

Diantaranya, pada tahun 2019 ini Satker PJN wilayah. I Sumbar melakukan Preservasi Jalan Lubuk Alung-Pariaman- Padang Sawah.

Kepala Satker PJN Wilayah.1 Sumbar, Albar Daen menjelaskan, Kegiatan pemeliharaan dan penanganan ruas jalan dilakukan guna mencegah ataupun mengantisipasi terjadinya longsor yang tentunya dapat berdampak terhadap kelancaran arus lalu lintas.

Dalam hal ini, Satker PJN 1 Wilayah Sumbar berupaya untuk mempertahankan kondisi jalan tersebut agar tetap stabil sehingga arus lalu lintas (lalin) angkutan penumpang dan barang dapat tetap berfungsi sebagaimana biasanya .

Ditambahkan, PPK 1.5 Satker PJN.1 Sumbar, Sahrial mengatakan, Kegiatan Preservasi Jalan Lubuk Alung-Pariaman- Padang Sawah ini dikerjakan secara long segment, dengan waktu pelaksaan pekerjaan selama 270 hari kalender.

Yang mana pekerjaan meliputi pemeliharaan pada 7 ruas jalan dan 12 pekerjaan pemeliharaan jembatan.

Adapun untuk pemeliharaan Jalan berlokasi diantaranya ruas By Pass Pariaman (Kota Pariaman), Ruas JIn. Ahmad Dahlan (Pariaman), Ruas JIn. Zaini (Pariaman), Ruas Jn. Siti Manggopoh (Pariaman), Ruas Manggopoh-Bts. Kota Pariaman dan (Ruas Padang Sawah -Manggopoh di Kab. Pariaman dan Kab Agam.

Sedangkan pemeliharaan jembatan yakni Jembatan Naras, ujung labung, batang antokan, Tapakis II, Sungai Labu, Bayur II, Pagi Kamba, Kapalo Koto, sungai Laban, kurai Taji, Jati.A dan Jati.B

Seperti diketahui, Ruas jalan Pariaman sampai perbatasan Simpang Empat merupakan kumpulan beberapa ruas jalan nasional yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) serta merupakan jalur utama perlintasan angkutan penumpang maupun barang.

Untuk pelaksanaa pekerjaan Preservasi Jalan Lubuk Alung-Pariaman- Padang Sawah dikerjakan oleh Cv. Gemilang Pramindo Perkasa (GPP) dengan waktu pelaksanaan pekerjaan selama 285 hari kalender.

Disisi lainnya, Cv. Gemilang Pramindo Perkasa (GPP), Bram menyatakan komitmennya untuk memberikan mutu dan hasil pekerjaan maksimal.

Bekerja sesuai dengan arahan dari Satker PJN Wil.1 Sumbar serta konsultan pengawas.

Disampaikannya, Dalam melaksanakan pekerjaan, CV. GPP selalu mengutamakan Keselamatan dan kesehatan Kerja (K3) untuk menghindari ataupun mengantisipasi terjadinya resiko kecelakaan dalam kerja, paparnya.

Pekerjaan yang sudah dimulai sejak 20 Maret 2019 lalu, kini semakin memperlihatkan hasil yang siginifikan. Yang mana CV. GPP pada minggu ke-9 berhasil melampaui rencana schedule yang diberikan.

Dari rencana schedule yakni sebesar 8,64 persen, sementara realisasi pekerjaan (bobot) mencapai 20,01 persen, sehingga terjadi deviasi (kelebihan) sebesar 11,37 persen.

#tim

Check Also

Penutupan Giat Florikultura 2019, Wawako Padang : Padang Siap Songsong PENAS Tani 2020

Padang (LN)—Acara Giat Florikultura Indonesia 2019, akhirnya secara resmi ditutup oleh wakil walikota Padang, Minggu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *