Home / ---- / Prioritaskan Pengendalian Banjir, BWSS V Sumbar Anggarkan Rp9,7 Milyar untuk Batang Lembang Kab/Kota Solok

Prioritaskan Pengendalian Banjir, BWSS V Sumbar Anggarkan Rp9,7 Milyar untuk Batang Lembang Kab/Kota Solok

Padang (LN)–Dalam relevansi RPJMD 2015-2019 Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dirjen Sumber Daya Air (SDA) berperan dalam Pencapaian kedaulatan pangan dan ketahanan energi melalui kegiatan pengendalian banjir.

Untuk mewujudkan hal itu, SNVT Pelaksanaan Jaringan Sumber Air WS Indragiri-Akuaman, WS Kampar, WS Rokan Provinsi Sumbar Barat (Sumbar), pada tahun 2019 ini memprioritaskan pengendalian banjir batang Lembang kota Solok dan kabupaten Solok.

Dan saat ini, SNVT Pelaksanaan Jaringan Sumber Air WS Indragiri-Akuaman, WS Kampar, WS Rokan Provinsi Sumbar Barat (Sumbar) tengah melakukan persiapan untuk pelaksanaan pekerjaan tersebut.

Hal itu disampaikan, Kasatker SNVT Pelaksanaan Jaringan Sumber Air WS Indragiri-Akuaman, WS Kampar, WS Rokan, Balai Wilayah Sungai Sumatera V Provinsi Sumbar Barat (Sumbar) melalui PPK Sungai dan Pantai II, Nuriman di Padang.

Dijelaskannya, Pengendalian banjir batang Lembang kota Solok dan kabupaten Solok sebagai upaya untuk melindungi pemukiman warga, fasilitas umum, fasilitas sosial dan prasarana lainnya dari bencana alam (banjir) yang akan terjadi.

Adapun 3 indikator yang ingin dicapai terdiri dari output (sarana pengendalian banjir 0,8 km), out come (pencegahan banjir seluas 4 hektar) dan indikator impact (peningkatan perekonomian masyarakat), terangnya.

Melalui kegiatan ini, dapat tercapainya kedaulatan pangan nasional ketahanan air. Terjadinya peningkatan produksi lahan pangan,  yang berdampak terhadap kesejahteraan petani yang ada di wilayah tersebut, harap Niriman.

Untuk kegiatan Pengendalian Banjir Batang Lembang Kota Solok dan Kabupaten Solok, memiliki pagu anggaran sebesar Rp9.700.000.000 yang sampai saat ini masih dalam proses tender dan menunggu hasil pemenang dari ULP.

Dan ditargetkan, pada Februari 2019 pekerjaan Pengendalian Banjir Batang Lembang Kota Solok dan Kabupaten Solok sudah dimulai, ucap Nuriman.

 

#Fit

 

Check Also

Jalin Kemitraan, IKW Kunjungi Mapolres Pesel

Painan (LN)–Keluarga besar Ikatan keluarga Wartawan (IKW) RI Sumatera Barat bersilaturahmi dengan Kapolres Pesisir Selatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *