Home / BERITA TERBARU / Program Pemerintah dan Moral Kepala Sekolah

Program Pemerintah dan Moral Kepala Sekolah

M. DAUD DAULAY, SH

Oleh : M. Daud Daulay, SH

Masa depan bangsa bergantung kepada pendidikan rakyatnya, jika mau bangsa ini baik maka baikilah pendidikan Negara ini. Secara perspektif, pemerintah sudah sangat baik dalam meningkatkan skema pendidikan bangsa ini terlihat dengan banyaknya program penunjang dan pendukung demi memajukan pendidikan.

Namun, satu hal yang akan menjadi penyesalan bila sekiranya penjalan program tersebut melenceng dari konsep yang telah diatur Undang-undang.

Diakui memang, pemerintah bersama wakil rakyat sangat baik serta merinci akan program memajukan pendidikan. Tetapi, yang sangat disayangkan apabila oknum pelaksananya tidak mengacu kepada konsep tersebut.

Misalnya, program dana Bantuan operasional Sekolah (BOS) yang maksimal mengucur ke sekolah guna meringankan beban masyarakat dalam hal pembiayaan sekolah. Karena pemerintah tahu, kata “wajib” dalam program wajib belajar 9 tahun itu butuh pendukungnya yakni dana BOS.

Namun demikian, BOS tidak serta merta bisa dipergunakan seenak perut, sebab harus mengacu kepada aturan seperti Pentunjuk Teknis (JUKNIS) nya.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan bahwa setiap warga negara yang berusia 7-15 tahun wajib mengikuti pendidikan dasar. Pasal 34 ayat 2 menyebutkan bahwa Pemerintah dan pemerintah daerah menjamin terselenggaranya wajib belajar minimal pada jenjang pendidikan dasar tanpa memungut biaya, sedangkan dalam ayat 3 menyebutkan bahwa wajib belajar merupakan tanggung jawab negara yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan Pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat. Konsekuensi dari amanat undang-undang tersebut adalah Pemerintah dan pemerintah daerah wajib memberikan layanan pendidikan bagi seluruh peserta didik pada tingkat pendidikan dasar (SD dan SMP) serta satuan pendidikan lain yang sederajat.

Nah, diatas sudah dijelaskan. Artinya, jangan ada lagi pungli di lingkungan sekolah! Kalian sebagai Kepala Sekolah harus ikuti itu! Milikilah moralitas dalam menjalankanya.

Jika Lembaran Kerja Siswa (LKS) dibisniskan, lalu apa guna dana BOS? Jika Pembangunan Fasilitas Sekolah dibebankan ke wali murid, lalu apa guna Pemerintah? Pendidikan itu WAJIB! Kata pemerintah.

Jangan sampai Program Pemerintah berlawanan dengan Moralitas Kepala Sekolah!!

Jangan,…Jangan…dan Jangan!! Kasihan, dana yang mengucur tapi jadi tidak jelas.

Check Also

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah Terima Penghargaan, Kota Asuransi Diberikan DAI

Padang (LN)—Kesadaran masyarakat Kota Padang untuk menyelamatkan masa depan mereka cukup tinggi, terlihat dari banyaknya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *