Home / ---- / PUNGLI Bemodus PHO, Rekanan Dinas PU Padang “Menjerit”

PUNGLI Bemodus PHO, Rekanan Dinas PU Padang “Menjerit”

PADANG (LN)—Serahterima awal pekerjaan atau lebih akrab disebut PHO dilingkungan Dinas PU Kota Padang beraroma pungli dan grativikasi. Karena, setiap rekanan (kontraktor) yang sudah menyelesaikan pekerjaannya dan mengajukan proses PHO ditekik biaya yang tidak jelas aturan mainnya.

Nominal biaya tersebut sanggat bervariatif, tergantung dari nilai paket pekerjaan (proyek) yang didapatkan rekanan. Untuk proyek bernilai diatas Rp1 milyar dikenakan biaya satu persen, sedangkan proyek bernilai dibawah Rp1 milyar dikenakan biaya sebesar 0,8 persen.

Hal itu terungkap, ketika beberapa rekanan (kontraktor) di Dinas PU Kota Padang menyampaikan keluhannya kepada www.laksusnews.com

Sebagaimana diungkapkan, salah seorang rekanan berinisial “JN” via telpon selularnya, Kamis (15/12) mengatakan, “Bagi paket pekerjaan yang sudah terselesaikan, lalu mengajukan proses PHO ke Dinas PU Kota Padang dikenakan biaya”.

Dijelaskannya, Untuk proyek bernilai diatas Rp1 milyar dikenakan biaya sebesar 1 persen, sedangkan dibawah itu sebesar 0,8 persen. Apabila rekanan tidak menyetorkan dana tersebut, Tim PHO sebagaimana sudah ditunjuk melalui SK Kepala Dinas PU Kota Padang berupaya mencari-cari alasan yang tidak realistis agar tidak pergi ke lokasi pekerjaan (proyek).

“Oknum tim PHO bidang SDA Dinas PU Kota Padang “DV” meminta ini dan itu kepada rekanan dengan alasan sebagai syarat untuk PHO. Apabila permintaan tersebut tidak dipenuhi, maka “DV” tidak bersedia pergi ke lokasi pekerjaan”, beber “JN”.

Ditempat terpisah, Rekanan berinisial “JS” juga mengatakan hal senada, bahwa dirinya juga mendapatkan perlakukan sama. Yangmana, Oknum Tim PHO Bidang SDA “DV” meminta berbagai  berbagai macam barang ini dan itu untuk PHO meninjau ke lapangan (proyek).

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas PU Kota Padang Fatriarman ataupun Ketua Tim PHO Bidang SDA, Syaiful Bahri ataupun oknum terkait saat dicoba untuk dikonfirmasi ke kantor Dinas PU Kota Padang, Selasa (20/12) belum dapat ditemui karena sedang berada diluar. (01)

Check Also

Pjs. Wako Padang Bersama Kapolda Sumbar Komit Tingkatkan Sinergitas dan Netralitas Pilkada Serentak

Padang (LN)–Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Padang, Drs. Alwis mengikuti Upacara Gabungan antara TNI, Polri dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *