Home / ---- / Rakor Dekranasda Kota Padang, Wako Instruksikan Perkuat Industri Kerajinan Unggulan

Rakor Dekranasda Kota Padang, Wako Instruksikan Perkuat Industri Kerajinan Unggulan

PADANG (LN)– Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menaruh harapan besar kepada Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Padang.

Walaupun satu, dua produk yang dihasilkan, tetapai unggul sehingga Kota Padang punya produk Industri kerajinanan yang diunggulkan dan layak dijual ditingkat Nasional maupun Internasional.

Hal itu disampaikan Mahyeldi saat Rapat kerja Dekranasda Kota Padang di Gedung Putih, Rumah Dinas Wali Kota, jalan A. Yani No. 11 Padang, Selasa (11/2/2020).

Hadir pada rapat tersebut Kepala Dinas tenaga kerja dan Perindustrian Yunisman, Kabag humas Pemko Padang Amrizal Rengganis, Ketua Dekranasda Kota Padang Ny. Harneli Mahyeldi dan seluruh jajaran pengurus Dekranasda Kota Padang.

Mahyeldi menjelaskan, dilihat dari jumlah unit usaha dan besarannya di seluruh Indonesia, Dekranasda merupakan penggerak ekonomi daerah dan berperan besar dalam penumbuhan wirausaha baru. Industri kerajinan yang dapat menyerap tenaga kerja yang besar serta memberikan sumbangan dan pendapatan domestik dari sektor industri.

“Kita kaya dengan warisan budaya yang mempunyai prospek sangat besar dalam pengembangan industri kerajinan dan dapat menghasilkan produk-produk inovatif yang bernilai tambah dan berdaya saing tinggi yang harus kita kelolala dalam mengembangkan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Lebih jauh dijelaskannya, Kota Padang sangat berpotensi dalam pengembangan Industri Kecil Menengah (IKM), mengingat sumber daya penggerak produksi serta pasar produk yang dihasilkan cukup tersedia. Pemerintah Kota Padang telah memfasilitasi pengembangan dan pemanfaatan kreativitas inovasi masyarakat dalam pembangunan Industri.

“Langkah yang diambil Pemerintah Kota Padang yaitu konsultasi, bimbingan, advokasi dan fasilitas perlindungan hak kekayaan intelektual Industri kecil. Pemerintah juga turut memperhatikan pengembangan IKM terutama dalam peningkatan daya saing, jumlah produksi dan penyerapan tenaga kerja,” jelasnya.

Dekranasda sebagai mitra Pemerintah dalam membina dan mengembangkan tradisi dan warisan budaya melalui kerajinan dituntut melakukan perubahan dengan tujuan untuk menghasilkan kerajinan yang semangkin bermutu dan berdaya saing. Untuk itu perlu ada sinergisitas yang baik antara Dekranasda dengan berbagai pihak baik meliputi informasi serta ketersediaan bahan baku.

“Dengan adanya sinergisitas Dekranasda Kota Padang maka akan terwujud simpul-simpul kerja sama yang akan memberi kekuatan kebih besar untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan pelaku IKM khususnya. Program kerja Dekranasda harus dapat memperkuat kerajinan khas daerah Kota Padang. Rapat ini diharapkan dapat menghasilkan keputusan yang bermanfaat bagi kepentingan Dekranasda, serta dapat meningkatkan kinerja organisasi sehingga kiprahnya dapat mengharumkan nama baik Kota Padang, “Imbuhnya. (Zal/Humas Padang)

Check Also

Bobot Proyek Renovasi dan Perluasan Gedung Kantor PN Padang Minus, PT. LPI Terancam Kena SP-1

Padang (LN)—PT. LAGA PRATAMA INTERINDO (LPI) terancam mendapatkan Surat Peringatan pertama (SP.1) oleh Pengadilan negeri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *