Home / ---- / RKPD 2019, Momen Strategis Mengoordinasikan Rencana Pembangunan Dalam Menjawab Isu di Tengah Masyarakat

RKPD 2019, Momen Strategis Mengoordinasikan Rencana Pembangunan Dalam Menjawab Isu di Tengah Masyarakat

Agam (PN)-Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Agam tahun 2019, merupakan momen yang strategis bagi daerah itu untuk mengkomunikasikan, dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan yang mampu menjawab isu-isu strategis di tengah masyarakat.

Wakil Bupati Agam H. Trinda Farhan Satria, Dt. Tumangguang Putiah saat membuka Forum Konsultasi Publik Penyusunan Rancangan Awal RKPD menyebutkan, tahun 2019 merupakan tahun ketiga bagi Pemerintah Kabupaten Agam dalam upaya mewujudkan Kabupaten Agam yang Berkeadilan, Inovatif, Sejahtera, Agamais, dan Beradat (BISA) menuju Agam Mandiri, Berprestasi yang Madani.

“Dengan demikian, penyusunan RKPD pada 2019, harus lebih cermat, dan terintegratif, serta mampu menjawab permasalahan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah, dan masyarakat secara tepat dan cepat,” ujarnya.

Di sisi lain, forum tersebut merupakan tahun pertama bagi Pemkab Agam dalam melaksanakan proses perencanaan pembangunan daerah dengan menggunakan aplikasi e-planning.

“Hal itu sebuah momen yang cukup bersejarah bagi kita, karena satu lagi tahapan pencapaian smart regency telah kita wujudkan,” ujarnya.

Namun, sebelumnya atas dukungan semua pihak pelaksanaan pemilihan walinagari secara e-voting sudah sukses dilaksanakan. Semoga, ini bakal menghasilkan dokumen perencanaan yang akuntabel, terukur dan selaras dengan target kinerja jangka menengah daerah.

Sedangkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Agam Drs. Welfizar, M.Si menyebutkan, forum itu sangat penting, karena menyangkut komitmen bersama dalam menjaga, dan menerapkan empat pendekatan perencanaan yaitu pendekatan teknokratik, politik, partisipatif, dan top down serta button up.

“Termasuk menjaga komitmen kita untuk taat kepada mekanisme perencanaan, dan pengangguran sebagaimana diatur dalam Peraturan Meneteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017, dan telah kita jabarkan dalam Peraturan Bupati Agam Nomor 65 tahun 2017 tentang Kalender Pokok Pemerintah Daerah,” ujarnya.

Selain itu dikatakan Welfizar, kegiatan itu dilakuka selama dua hari, Rabu (10/1) dan Kamis (11/1), agar bisa memperoleh masukan tentang isu strategis, prioritas daerah, dan sasaran pembangunan daerah yang akan dicapai pada tahun 2019, dan dituangkan ke dalam rancangan awal RKPD tahun 2019.

Di mana, pada acara Forum Konsultasi Publik penyusunan rancangan awal RKPD tersebut, di hadirkan lima orang narasumber yang berasal dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat Siti Aisyah, M.Si, Direktur FORIS NGO Khairil Anwar, S.Hi, MH, Ahli spesialis kulit dan kelamin RSUD Achmad Mochtar dr. H. Yosse Rizal, SP KK, Kepala Balai Besar Pengawasan Obat, dan Makanan (BBPOM) Sumbar, dan Dosen Unand Dr. Ir. Ira Wahyuni Syarfi, MS.

Sedangkan pesertanya meliputi Sekda Agam, Asisten, Staf Ahli, OPD, Camat, Walinagari, Forkopimda, Organisasi Pofesi, dan Forum Anak. (Tam/Hari/AMC)

Check Also

Pjs. Wako Padang Bersama Kapolda Sumbar Komit Tingkatkan Sinergitas dan Netralitas Pilkada Serentak

Padang (LN)–Penjabat Sementara (Pjs) Walikota Padang, Drs. Alwis mengikuti Upacara Gabungan antara TNI, Polri dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *