Home / ---- / Rumah Kelahiran “Pahlawan Kota Padang”, Diabaikan “Pemko Padang”

Rumah Kelahiran “Pahlawan Kota Padang”, Diabaikan “Pemko Padang”

PADANG (LN)— Rumah peninggalan tempat kelahiran, pahlawan Kota padang Bagindo Azizchan kurang mendapatkan perhatian dari pemko Padang. Rumah tersebut dibiarkan begitu saja, tanpa ada perawatan, pemeliharaan dan penjagaan, sehingga dijadikan sebagai tempat bermain anak-anak yang berdomisi disekitar itu.

Sebagai peninggalan sejarah, seharusnya rumah kelahiran walikota Padang ke-II ini dilestarikan supaya generasi muda bisa menggetahui pahlawan.

Ketua RW.05 kelurahan Alang Lawas, Munasril menilai perhatian pemerintah terhadap tempat bersejarah, khususnya tempat kelahiran Bgd. Azizchan ini sangatlah kurang.

Sebagaimana terlihat, rumah peninggalan tempat kelahiran Bgd. Azizchan kini dijadikan sebagai tempat bermain anak-anak.
Menurut Munas, “seharusnya pemerintah bisa merawatnya dan menggelola tempat bersejarah ini secara baik, agar nilai sejarah yang ada tetap terlestarikan.

Misalnya memajang barang–barang peninggalan di rumahnya ini, mungkin semacam replika, dan juga di fungsikan sebagai perpustakaan, katanya.

Rumah tempat peninggalan bagindo ini bisa menjadi icon wisata bagi para wisatawan, karena mereka hanya tau nama beliau tapi mereka tidak pernah melihat dan memasuki rumah sang pahlawan kota Padang ini tutur Munas.

Dengan dilakukannya hal itu, tentunya juga berdampak terhadap ekonomi masyarakat sekitar.

Dipaparkan Munas, Sebelumnya ada petugas Satpol PP Padang yang menjaga dan merawat tempat ini. Tapi oknum tersebut malah membawa seluruh keluarga besarnya untuk tinggal di dalam rumah pahlawan kota Padang tersebut.

Tidak terima akan hal tersebut, akhirnya warga menyuruh oknum tersebut untuk “angkat kaki”, cerita Munasril.

Pemerintah Kota Padang, dan khususnya bagi keluarga Bagindo Azizchan, mari bersama–sama untuk membangun dan menghidupkan kembali rumah pahlawan kita ini. Jangan biarkan rusak dan tidak terawat karena disitu begitu banyak cerita nyata yang dapat diambil hikmahnya, harap Munas. (Aad)

Check Also

Peringatan Hari Bhakti PUPR Ke-73 di Gd. Sate Bandung, Menteri Basuki Unjuk Kebolehan

BANDUNG  (LN)- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono membuka acara peringatan Hari Bakti …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *